Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2024, 10:58 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Di Indonesia, mungkin tidak banyak orang yang tampil mengenakan dasi mengingat jarang dari kita harus tampil resmi di daerah tropis ini. Namun dalam beberapa kesempayan, kadang kita perlu memakai dasi juga untuk acara khusus seperti pernikahan, wawancara kerja, atau bertemu klien penting.

Tapi ada satu hal – tidak hanya ada satu jenis dasi yang bisa dipilih pria. Di berbagai budaya, formalitas, dan acara, ada sejumlah jenis dan gaya dasi berbeda yang dapat kita pilih. 

Nah, apa pilihanmu? Setidaknya ada 8 jenis dasi yang bisa dipertimbangkan setiap pria untuk mendukung penampilannya.

Jenis Dasi #1: Dasi Standar

ilustrasi jas hitam dengan dasi hijau tuaShutterstock/BlueSkyImage ilustrasi jas hitam dengan dasi hijau tua
Dasi standar mungkin adalah yang terlintas di benak kita saat membicarakan dasi.

Dasi ini kadang-kadang juga disebut sebagai dasi 'biasa' atau 'lurus' dan dikenal karena bentuknya yang klasik dan desainnya yang sederhana.

Dasi standar biasanya memiliki lebar bilah tipis dengan kain berkisar antara 5-15 cm, tergantung gayanya. Dasi ini bisa berpola dan berwarna-warni atau memiliki tampilan polos yang lebih konservatif. Yang jelas, ini adalah salah satu dasi paling serbaguna yang bisa dipakai pria – jadi kita harus memiliki setidaknya 2 dasi.

Dasi ini sering digunakan dalam lingkungan bisnis formal atau acara-acara khusus seperti pernikahan. Bagi kebanyakan pria, ini adalah opsi 'aman' yang memungkinkan Anda berbaur dengan banyak orang dan tidak tampak aneh.

Baca juga: 6 Warna Dasi yang Cocok untuk Jas Hitam 

Jenis Dasi #2: Dasi Kupu-kupu

Ilustrasi dasi kupu-kupu Ilustrasi dasi kupu-kupu
Contoh lain dari dasi klasik dan populer adalah dasi kupu-kupu.

Dasi kupu-kupu merupakan ikon dan sudah ada sejak pertengahan abad ke-19. Dasi kupu-kupu terkenal dengan bentuknya yang unik, seperti sayap kupu-kupu.

Tidak seperti jenis dasi lainnya, dasi kupu-kupu tidak memiliki bahan panjang, dan beberapa jenisnya mengikat leher dengan gesper atau klip yang dapat disesuaikan. 

Dasi ini memiliki dua loop yang bertemu di tengah dalam simpul simetris yang menyerupai bentuk busur. Biasanya dibuat dari sutra atau katun, dasi kupu-kupu dapat ditemukan dalam beberapa warna, pola, dan ukuran untuk disesuaikan dengan acara atau pilihan pakaian apa pun.

Bagi banyak pria, dasi kupu-kupu melambangkan formalitas tertinggi, karenanya hanya dipakai dalam acara yang sangat resmi.

Jenis Dasi #3: Dasi Ramping

Ilustrasi dasi ramping Ilustrasi dasi ramping
Dasi jenis ini biasanya memiliki bilah yang lebih tipis dibandingkan dasi biasa.

Sebagai varian yang lebih ramping dari dasi standar, dasi ramping dianggap sedikit lebih informal dibandingkan dasi yang lebih lebar. Alasannya sederhana: dasi yang lebih ramping memberikan kesan lebih modern dan bergaya, sehingga cocok untuk pakaian kantor atau acara santai bisnis.

Biasanya, dasi ramping memiliki lebar bilah sekitar 5-7 cm. Bahannya lebih sedikit dibandingkan dasi standar tetapi harus tetap cukup panjang hingga bisa mencapai bagian tengah ikat pinggang saat dipakai.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com