Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/01/2024, 18:44 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsep pernikahan modern menjadi yang diminati tahun ini, berdasarkan survei Santika Indonesia Market Wedding Insight 2024. 

Survei tersebut menunjukkan bahwa 59 persen responden lebih memilih pernikahan modern, sedangkan sisanya pernikahan tradisional.

Baca juga: Santika Indonesia Beri Promo Wedding dan Honeymoon per 1 Februari 2024

"Kalau dari pelestarian budaya, mau (pernikahan) modern atau tradisional, ternyata saat ini sudah banyak dipengaruhi arah modern. Secara waktu, secara biaya. 59 persen lebih banyak yang (memilih konsep) modern," ujar Corporate Loyalty Program Manager Santika Indonesia Hotels & Resorts, Anwar Riksono  di Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2024).

Akan tetapi, lanjutnya, konsep tersebut masih bergantung dari daerah. Di wilayah Padang (greater Padang), misalnya, 77 persen calon pengantin masih ingin pernikahan tradisional atau lebih tinggi dibanding pernikahan modern yang hanya 23 persen.

Ilustrasi pernikahan adat Minangkabau. Dalam Pernikahan Adat Minang Pariaman terdapat tradisi Bajapuik dengan uang japuik (uang jemputan) yang diberikan oleh keluarga calon mempelai wanita.
Shutterstock/Bagja89 Ilustrasi pernikahan adat Minangkabau. Dalam Pernikahan Adat Minang Pariaman terdapat tradisi Bajapuik dengan uang japuik (uang jemputan) yang diberikan oleh keluarga calon mempelai wanita.

Kemudian, ada pula wilayah Medan yang sebesar 63 persen calon pengantin ingin memiliki pernikahan tradisional, serta Solo Raya dengan keinginan pernikahan berkonsep tradisional tercatat sebesar 57 persen.

"Tapi untuk yang di area Bali, itu lebih banyak sudah pengaruh modern atau banyak yang mereka ingin menikah di Bali dengan (pernikahan) yang modern," ucap Anwar.

Adapun di wilayah Bali, sebesar 78 persen calon pengantin ingin pernikahan berkonsep modern. Sama halnya dengan wilayah Surabaya yang persentasenya adalah 65 persen.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com