Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Acara di Mana Kita Sebaiknya Tidak Mengenakan Pakaian Hitam

Kompas.com - 07/02/2024, 12:49 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Hitam adalah warna yang kerap dipilih banyak orang sebagai busana. Kita memakai hitam di berbagai kesempatan, baik saat acara resmi maupun santai.

Dan ada banyak alasan untuk hal ini: Hitam secara universal dianggap keren, mudah dipadukan dengan warna lain, dan hampir selalu cocok. 

Namun ada kalanya kita tidak boleh menggunakan warna hitam pada kesempatan tertentu karena alasan tidak sopan, tidak pantas, atau tidak praktis.

Lalu kapan kita harus menghindari penggunaan warna hitam?

1. Acara siang hari yang ceria

Ilustrasi pesta ulang tahunSHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi pesta ulang tahun
Acara di siang hari yang suasananya ceria --seperti makan siang, pesta pertunangan, atau lainnya-- biasanya memiliki skema warna yang lebih sejuk.

“Warna hitam sangat kuat dan bisa terlihat tidak pada tempatnya untuk acara ringan dan ceria,” kata Grace Van Cleave, penata gaya pribadi dan pendiri Amazing Grace Styling. "Jika ingin memakai warna lain, cobalah warna netral seperti krem, biru tua, atau abu-abu pucat."

Kamu juga bisa memilih motif bunga yang cerah. Warna-warna pastel dan warna permata sangat cocok dikenakan untuk acara yang ceria.

Baca juga: 5 Warna Baju Netral Selain Hitam, Cocok untuk Semua Warna Kulit

2. Pernikahan

Ilustrasi pernikahan, pesta pernikahan. SHUTTERSTOCK/IVASHSTUDIO Ilustrasi pernikahan, pesta pernikahan.
Kita kerap disarankan untuk tidak mengenakan pakaian putih ke pesta pernikahan agar tidak menyaingi penampilan mempelai perempuan. Tapi bagaimana dengan warna hitam?

“Ini memang bukan aturan, tapi pernikahan adalah sebuah perayaan, dan warna hitam tidak selalu merupakan pilihan yang paling ceria,” kata Dana Lynch, penata gaya pribadi. 

Warna hitam juga dianggap melambangkan ketidaksetujuan atau duka, sehingga tidak cocok dipakai di acara pernikahan.

"Warna solid atau motif bunga akan lebih cocok di hari yang romantis—dan jika acaranya berada di luar ruangan pada hari yang panas, warna-warna terang ini akan membantu kita tetap sejuk.'

Jika kamu tidak menyukai warna terang, Lynch menyarankan warna netral gelap seperti biru tua atau ungu dalam bahan yang sejuk untuk mencerahkan penampilan.

Namun, ada satu pengecualian: Pernikahan dengan dress code black tie yang sangat resmi dan pernikahan di mana pasangan meminta tamunya mengenakan pakaian hitam.

3. Saat cuaca panas

Ilustrasi berjalan kakibernardbodo Ilustrasi berjalan kaki

Mengingat kecenderungannya menyerap panas, warna hitam sebaiknya dihindari pada hari-hari panas saat Matahari bersinar terik.

“Berpakaian berwarna hitam dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau bahkan kepanasan dalam kondisi seperti itu,” kata Ana Roberts, pendiri dan pemimpin redaksi Top Trends Guide. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com