Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/02/2024, 20:41 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kulit berminyak adalah salah satu masalah kulit yang paling umum dijumpai. Namun, dengan rutinitas dan produk perawatan kulit (skincare) yang tepat, masalah kulit berminyak bisa dikurangi. 

Masih ada pemilik kulit berminyak yang mengira bahwa mereka tidak boleh atau tidak perlu menggunakan moisturizer. Lantas, apa kulit berminyak perlu pakai moisturizer? Simak ulasannya berikut ini dilansir Kompas.com dari Healthline dan Verywell Health.

Baca juga:

Apa kulit berminyak perlu pakai moisturizer

Melansir dari Healthline, melembabkan atau moisturizing adalah langkah yang sangat penting dalam skincare rutin bagi pemilik kulit berminyak. 

Sandra Lee, Pendiri SLMD Skincare, menuturkan, semua jenis kulit membutuhkan moisturizer, tidak terkecuali kulit berminyak. 

“Ada kepercayaan bahwa jika kamu memiliki kulit berminyak, maka tidak perlu atau tidak boleh menggunakan pelembap. Hal ini sangat jauh dari kebenaran,” ujar Lee yang juga dikenal sebagai Dr. Pimple Popper, dilansir dari Healthline

Hidrasi vs minyak

Sebagian orang masih salah mengira bahwa minyak kulit sebagai hidrasi kulit, padahal keduanya berbeda. Melansir dari Verywell Health, minyak kulit adalah zat lilin, yang disebut sebum, fungsinya membantu menjaga fungsi pelindung kulit (skin barrier). 

Tanpa kelembapan yang cukup, penampilan dan fungsi skin barrier bisa terganggu. Selain itu, tindakan menghilangkan minyak ini menyebabkan hilangnya kelembapan.

Sementara itu, hidrasi kulit adalah proses di mana air diserap ke dalam lapisan kulit, yang dikenal sebagai epidermis dan dermis, untuk menjaga kekenyalan, elastisitas, dan ketahanannya.

Meski penumpukan sebum berlebihan bisa menyebabkan kulit berminyak dan berjerawat, namun bukan berarti kulit terhidrasi dengan baik. 

Agar sehat, kulit harus terhidrasi dengan baik. Perlu diingat bahwa, kulit berminyak, bukan berarti kulit mengandung banyak air atau terhidrasi dengan cukup.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com