Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Disadari, 5 Tanda Ini Menunjukkan Pasangan Berselingkuh

Kompas.com - 14/05/2024, 14:27 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Perselingkuhan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, baik di lingkungan pekerjaan maupun pertemanan.

Maraknya isu-isu perselingkuhan pun jadi membuat kita bertanya-tanya apakah pasangan kita pernah melakukannya atau tidak. Apakah dia orang yang setia atau tidak.

Namun, seringkali, sulit untuk mengetahui apakah pasangan kita berselingkuh. Apalagi, ada hal-hal atau kebiasaan yang tanpa disadari merupakan bagian dari perselingkuhan yang tidak terlihat.

Baca juga: 10 Kebiasaan Media Sosial yang Bisa Dianggap Selingkuh

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, para terapis pun membagikan tanda-tanda perselingkuhan yang tanpa disadari menunjukkan bahwa pasangan berselingkuh, seperti dikutip dari laman Best Life, pada Selasa (14/5/2024).

Tanda-tanda halus pasangan berselingkuh

1. Teman-temannya bersikap berbeda di sekitar kita

Salah satu tanda terbesar pasangan berselingkuh mungkin tidak ada hubungannya sama sekali dengannya. Tapi, sebagai gantinya, lihatlah teman-teman pasangan kita.

Menurut terapis, Steve Carleton, LCSW, CACIII, jika teman-teman pasangan kita tiba-tiba terlihat menjauh atau tidak nyaman saat berada di dekat kita, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka mengetahui sesuatu yang tidak kita ketahui.

"Kemungkinan besar, kesetiaan pasangan kita adalah pada teman mereka sebelum kita, jadi mereka mungkin tidak ingin terlibat atau menempatkan temannya dalam situasi yang tidak nyaman," katanya.

2. Perubahan mendadak dalam rutinitas pasangan

Perubahan dalam rutinitas harian pasangan juga bisa menandakan perselingkuhan.

Carleton mengatakan, jika pasangan mulai menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah, atau jika dia tiba-tiba mulai bekerja lembur tanpa alasan yang jelas, ini bisa menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

"Jenis perilaku ini sering diabaikan karena kebanyakan orang menganggap pasangannya hanya sibuk dengan pekerjaan atau kewajiban lainnya, tetapi ini mungkin merupakan indikator bahwa ada hal lain yang sedang terjadi," terangnya.

Sebuah survei tahun 2021 oleh Illicit Encounters menemukan bahwa beberapa alasan utama yang digunakan orang saat berselingkuh adalah "pergi ke gym", "pergi ke bar", dan "jalan-jalan".

Baca juga: 11 Tanda Tak Terduga Pasangan Selingkuh

3. Suasana hati yang berubah

Perubahan suasana hati yang mencolok juga bisa menjadi tanda perselingkuhan yang halus.

Jika pasangan tiba-tiba menjadi pemarah, frustrasi, atau mudah tersinggung, bisa jadi dia berusaha menjauhkan diri atau menghindari keintiman emosional dan seksual.

Suasana hati pasangan juga bisa berubah dengan cara yang positif, tetapi jangan terkecoh.

"Mungkin dia makan makanan yang lebih sehat, minum lebih banyak air, dan pergi ke gym setelah bertahun-tahun tidak peduli untuk melakukan semua itu meskipun kita mendorongnya," jelas terapis dan pemilik Changing Seasons Therapy di Tuscaloosa, Alabama, LaTonya P. Washington, LICSW.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com