Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Berjalan Kaki Tiap Hari Cukup untuk Menjaga Kebugaran?

Kompas.com - 17/05/2024, 19:03 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Berjalan kaki adalah bentuk latihan kardiovaskular yang sangat baik. Tetapi apakah berjalan kaki setiap hari benar-benar dapat membakar cukup kalori untuk menghilangkan lemak? 

Yang jelas, olahraga ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja sepanjang hari, dan penelitian menunjukkan bahwa olahraga ini dapat memberikan manfaat yang luar biasa pada mengecilnya lingkar pinggang, sekaligus menjaga jantung tetap kuat. 

Namun, jika itu satu-satunya bentuk olahragamu, kamu mungkin bertanya-tanya apakah berjalan kaki setiap hari cukup untuk membuat kita tetap bugar? Jawabannya bisa ya atau tidak, tergantung pada beberapa faktor utama.

Jordan Fernandez, CPT dari Trainer Academy, merangkumnya secara singkat. "Apakah berjalan kaki setiap hari merupakan 'olahraga yang cukup' bergantung sepenuhnya pada tujuan masing-masing, tingkat kebugaran saat ini, fase kehidupan, dan banyak faktor lainnya." 

Baca juga: Hindari Rasa Malas, Ini Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan

Jika berjalan kaki adalah satu-satunya bentuk olahragamu dan tujuan kamu adalah untuk terus meningkatkan kebugaran, maka kamu perlu untuk meningkatkan intensitasnya dengan berjalan di tanjakan, menempuh jarak yang lebih jauh, atau meningkatkan kecepatan berjalan."

Jika tujuanmu adalah menjaga kebugaran aerobik dan tetap mengikuti pedoman mingguan yang direkomendasikan, langkah-langkahmu harus memadai. Namun, jika tujuannya ingin membangun kekuatan dan otot, kemungkinan besar kamu tidak akan mencapainya hanya dengan berjalan kaki.

Pedoman aktivitas fisik menyarankan orang dewasa melakukan setidaknya 150 hingga 300 menit latihan aerobik intensitas sedang atau 75 hingga 150 menit intensitas yang lebih berat setiap minggunya. Namun, pedoman tersebut juga merekomendasikan untuk melakukan latihan kekuatan setidaknya dua kali per minggu.

Baca juga: 8 Tips agar Jalan Kaki Lebih Menyenangkan

Jalan kaki dapat membantu meluruhkan lemak tubuh

Menurut Domenic Angelino, MS, CSCS, FNS, CPT, dari Trainer Academy, walau jalan kaki tidak akan membuatmu berotot, namun olahraga ini dapat membantu meluruhkan lemak tubuh yang tidak diinginkan.

“Jika kamu menambah waktu berjalan kaki selama 15 menit atau lebih dari waktu yang disarankan, kamu akan mencapai target penurunan lemak lebih cepat,” jelasnya.

Hal hebat tentang jalan kaki adalah bahwa aktivitas ini dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam rutinitas olahraga lainnya tanpa meningkatkan kelelahan secara signifikan.

Jalan kaki dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan

Berjalan kaki setiap hari dapat meningkatkan kualitas hidup dan membuat aktivitas fisik lainnya terasa lebih mudah dilakukan.

“Jika kamu berjalan cepat secara teratur, kamu akan merasakan bahwa menaiki banyak tangga akan mulai terasa lebih ringan bagimu,” kata Angelino. 

“Efek ini akan makin terasa jika kamu rutin berjalan mendaki bukit dengan tanjakan curam karena kamu akan melatih otot dengan cara yang lebih mirip dengan saat menaiki tangga dibandingkan jika kamu berjalan di permukaan datar."

Baca juga: 6 Latihan Jalan Kaki Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi orang sedang berjalan kakiFreepik.com Ilustrasi orang sedang berjalan kaki

Tips untuk memaksimalkan manfaat latihan jalan kaki:

Untuk memastikan latihan jalan kakimu menghasilkan manfaat sebaik mungkin, Angelino memberikan beberapa tips profesional.

1. Pilih tanjakan atau tangga bila memungkinkan.

Jika ada kesempatan, pilihlah jalur yang memiliki tanjakan atau tangga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com