Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Terjadi Kalau Kita Melakukan Latihan Squat Tiap Hari?

Kompas.com - 18/05/2024, 15:39 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Setiap penggemar olahraga pasti mengetahui banyak manfaat luar biasa dari menambahkan squat ke dalam rutinitas kebugarannya. Tapi pernahkah kita bertanya, harus melakukan berapa banyak squat setiap hari? Apakah berlebihan jika kita melakukan squat tiap hari? 

Menurut  Dr. Mike Bohl, MD, MPH, ALM, Direktur Konten & Pendidikan Medis di Ro dan pelatih pribadi bersertifikat, squat adalah latihan gabungan yang melibatkan beberapa kelompok otot secara bersamaan, termasuk paha depan, paha belakang, dan, tentu saja, otot bokong. 

Melakukan squat secara konsisten dari waktu ke waktu akan membantu membangun massa otot dan meningkatkan kekuatan otot bokong secara keseluruhan.

Dikatakan Dr. Bohl, latihan ini sebenarnya melatih lebih banyak otot dibandingkan kebanyakan latihan lainnya dan akan membantu meningkatkan pertumbuhan otot, kekuatan otot, pengeluaran energi, dan stabilisasi sendi.

"Saat kita melakukan squat, kita melatih otot-otot di kaki (termasuk paha depan, paha belakang, fleksor pinggul, adduktor, dan betis), otot-otot di bokong, dan otot-otot di inti tubuh," paparnya. 

"Dan, tergantung pada jenis squat yang kita lakukan atau beban yang kita tambahkan, kita juga bisa melatih otot di tubuh bagian atas dan lengan."

Baca juga: Berapa Banyak Squat yang Harus Dilakukan untuk Mendapat Bokong Kencang?

Berapa sering harus squat, kapan menjadi terlalu banyak?

Apa yang terjadi pada tubuh jika melakukan squat setiap hari? Bohl menjelaskan, "Melakukan squat setiap hari adalah cara yang baik untuk memaksimalkan manfaat yang dapat kita peroleh dari squat, termasuk membangun otot kaki dan membakar kalori."

Meskipun tidak disarankan untuk melakukan latihan yang sama beberapa kali dalam satu hari karena penting untuk memberikan waktu pemulihan bagi tubuh, ia menambahkan, “Melakukan squat setiap hari umumnya dianggap aman." 

"Namun, jika kamu cenderung melakukan squat dengan banyak gerakan, memiliki berat badan ekstra, atau merasa kelelahan sehari setelah melakukan squat, kamu mungkin perlu mengistirahatkan tubuh agar tidak mencederai diri sendiri secara tidak sengaja."

Baca juga: Ketahui Manfaat Latihan Squat Setiap Hari

Ada banyak manfaat melakukan squat 

Latihan squat tidak hanya bermanfaat bagi pertumbuhan dan kekuatan otot, tetapi juga merupakan pembakar kalori yang sangat baik. Pasalnya, otot kaki memerlukan banyak energi dan merupakan otot terbesar di tubuh kita, jadi melakukan squat adalah cara yang baik untuk membantu penurunan berat badan.

“Secara umum, kita perlu membakar 7000 kalori untuk menurunkan 1 kg berat badan. Beberapa perkiraan kasar menunjukkan bahwa melakukan satu kali squat membakar sepertiga kalori. Oleh karena itu, dibutuhkan lebih dari 20.000 kali squat untuk menghilangkan satu kg lemak," menurut Dr. Bohl. 

Namun, perlu diingat melakukan squat secara terus menerus tanpa diselingi istirahat bisa memunculkan kelelahan otot, hingga cedera. 

Untuk menurunkan berat badan, cara yang menjamin keberhasilan adalah makan dengan defisit kalori dan berdiet. Jika kamu ingin mempercepat prosesnya, gabungkan diet dengan olahraga rutin, termasuk squat.

Baca juga: Dua Orang Wanita Dirawat di RS Setelah Melakukan 1.000 Kali Squat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com