Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tren Kecantikan, Mulai Wajah Sailor Moon Hingga Aura Cerdas

Perkembangan tren kecantikan yang berkembang cepat juga mempengaruhi selera produk kecantikan.

Jadi, apakah definisi "kecantikan" yang sedang diminati di berbagai tempat? Berikut tren-nya di berbagai negara, seperti dikutip dari stylist.co.uk.

Inggris

Dua perlima warga Inggris menggunakan tutorial online untuk membuat smoky eye yang sempurna.

Pijat relaksasi wajah yang dikenal dengan facial lymphatic massage menjadi tren dan banyak yang menginginkan wajah lebih cerah dengan penggunaan serum untuk mengganti penggunaan moisturizer tebal yang menjadi tren lima tahun lalu.

"Kulit bersinar" dan "bersih" kemudian menjadi dua topik yang paling banyak dicari dan dianggap sebagai kecantikan. Mereka banyak mencari cara untuk bisa tampil segar dan natural.

China

Kulit yang creamy, seperti ikon kecantikan dan artis Zhang Ziyi, seringkali menjadi obsesi para wanita China. Cantik menurut mereka adalah wanita yang memiliki hidung mancung seperti "jembatan" dan hal ini membuat banyak perempuan melakukan operasi plastik.

Untuk membentuk tulang hidung yang sempurna bak "menara Eiffel", mereka melakukan prosedur menggunakan jaringan dari dahi untuk membuat lekukan seperti yang diinginkan.

Jika krim pemutih masih populer di negara-negara Asia Timur, permintaannya di China sudah mulai berkurang.

Editor Kecantikan Vogue China, Solo Li, mengatakan bahwa para wanita China saat ini sedang "gila" dengan masker wajah. 

Amerika

Sementara di Amerika, 64 persen perempuan menilai kulit ras campuran seperti Kim Kadarshian adalah ikon kecantikan. Kim juga memiliki lekuk tubuh yang dinilai sempurna.

Kulit yang sempurna juga didambakan oleh banyak wanita Amerika. Jika dulu tren Botox mengemuka, maka saat ini tren 'blur' cream dan bedak meningkat.

Definisi kulit berkilau juga dianggap cantik dan banyak yang mengejarnya dengan banyak mengkonsumsi sayuran dan vitamin.

Brazil

Tampilan fisik model asal Jerman, Heidi Klum dengan rambut blonde lurus dan bibir cerah menjadi definisi kecantikan wanita Brazil saat ini.

Mereka menganggap tampilan para wanita dari Eropa Utara, khususnya Jerman, adalah yang ideal.

Tren itu juga membuat rambut alami mereka yang tipikal hitam bergelombang dibuat menjadi mirip dengan supermodel kelahiran Brazil Gisele Caroline Bündchen.

Executive Vice President of Reseach and Development L'Oreal, Laurent Attal, menjelaskan, pewarnaan rambut yang sering, ditambah dengan pelurusan rambut dan paparan sinar matahari membuat para wanita Brazil mengalami lebih banyak kerusakan rambut.

Di Brazil juga banyak wanita yang melakukan fiksasi tubuh seperti operasi plastik yang dilakukan oleh banyak kalangan bawah untuk menunjang kepercayaan diri, hingga konsumsi pil pelangsing.

Cuaca di Brazil berkisar 27 derajat Celcius sehingga membuat para wanita sangat peduli dengan tabir surya.

Mereka juga tak memiliki keraguan menghabiskan uang untuk makeup. Bahkan, Brazil disebut sebagai pasar kecantikan terbesar di dunia setelah Amerika dan Jepang.

Editor Kecantikan Vogue Brazil, Victoria Ceridono mengatakan, lipstik pink dan merah cerah hampir pasti ada di tas setiap wanita. 

India

Dalam beberapa waktu terakhir, superstar Bollywood Aishwarya Rai Bachan menjadi ikon kecantikan wanita India. Ini membuat para wanita fokus dalam mendapatkan riasan mata dan bibir yang tebal.

Merek kosmetik Bobbi Brown belum lama membuka tokonya di Delhi dan melaporkan bahwa lipstik terjual dalam jumlah yang besar, teritama warna cosmic pink, blazing red dan cosmic raspberry

Warna kulit terang menjadi prioritas para wanita. 78 persen wanita India cenderung memilih warna kosmetik dua warna lebih terang daripada warna kulit mereka.

Di kota-kota seperti Mumbai dan Delhi, saat ini semakin banyak yang mengeksplorasi warna kulit alami mereka. Hal ini diungkapkan kontributor Vogue India, Anjana Gosai.

Lipoplasti dan operasi lipatan perut belakangan semakin meningkat di India. Penghilangan bulu permanen juga menjadi populer.

Sedangkan untuk rambut, pendek-sedang nan modern seperti selebriti Mandira Bedi dan Kangana Ranaut menjadi 'kiblat' saat ini.

Direktur kecantikan Vogue India, Parizaad Khan, melihat bahwa para wanita sudah mulai banyak yang menyenangi rambut alaminya.

Italia

Wanita Italia masih mendambakan kulit coklat tanned, kuku-kuku cantik yang terawat dan rambut yang panjang, lembut serta berkilau. Beberapa tampilan yang dianggap ideal, seperti aktris Monica Belluci dan Sabrina Figura.

Jurnalis Italia, Eleonora Attolico mengatakan, banyak wanita senang dengan lipstik bernuansa pink yang nampak glossy. Permainan warna dilakukan pada pewarna kuku yang dipadukn dengan riasan smoky biru, abu dan violet.

"Wanita Italia sangat suka operasi plastik di era Berlusconi, seperti payudara yang besar dan peremajaan wajah. Tapi sekarang hal itu mulai ditinggalkan," ujarnya.

Afrika Selatan

Kulit sehat bercahaya seperti artis Charlize Theron dan Bonang Matheba dianggap ideal, yakni warna yang terfokus pada pigmen kulit.

Jurnalis Afrika Selatan Kim Gray menjelaskan bahwa para wanita muda pun menggunakan produk yang bisa membantu mereka mengeluarkan warna kulit mereka.

"Mereka juga banyak menggunakan argan oil dari Morocco dan red bush tea sebagai bahan-bahan yang mengandung antioksidan," ujarnya.

Para wanita Afrika Selatan menyadari pentingnya merawat kulit tetap sehat dari dalam sehingga banyak menggunakan produk dengan bahan tradisional.

Gray menjelaskan, bentuk tubuh yang atletis juga dianggap cantik di sana. Prosedur yang dilakukan oleh para generasi muda lebih kepada prosedur non-invasif seperti penggunaan jarum dan prosedur lain yang menstinulasi kolagen serta menjaga kulit tetap bagus.

Seperti tren di Asia, pemutihan kulit jug menjadi tren yang dilakukan banyak wanita kulit hitam. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) 35 persen wanita Afrika secara rutin menggunakan produk pemutih kulit.

Korea selatan

Tampilan karakter manga Sailor Moon menjadi dambaan para wanita Korea Selatan.

Keinginan memiliki wajah berbentuk hati dan mata besar membuat banyak dari mereka melakukan perbaikan rahang menjadi lebih lancip.

Bentuk tubuh ideal mereka juga mengalami perubahan. The Asian Plastic Surgery Guide menyebutkan bahwa bentuk tubuh yang dianggap ideal adalah yang membentuk s-line (dengan payudara dan pantat penuh) dan x-line (lengan dan kaki jenjang dengan pinggang kecil).

Ini menginspirasi banyaknya orang yang melakukan pembesaran payudara, liposuction dan pembentukan tubuh.

Rusia

Menurut Direktur kecantikan Allure Rusia, Yana Zubtsova, fashion blogger sekaligus editor majalah Dasha Zukova, Dasha Zhukova menjadi inspirasi para wanita Rusia.

"Dia punya karakter wanita Rusia yang kuat, sama kuatnya dengan kecantikan dan aura cerdasnya," kata Zubtsova.

Para wanita muda pun menghabiskan sebagian besar pendapatannya untuk kosmetik sehingga mereka bisa merias penampilan seperti Zhukova.

Wanita dengan makeup kuat dianggap sebagai definisi cantik. Seperti smoky eye yang dianggap sebagai simbol status, namun lebih kepada warna natural.

Makeup mata menjadi sektor yang paling bertumbuh.

Katia Matoian, seorang beauty blogger Rusia, mengatakan bahwa kunci kecantikan mereka adalah pada warna mata dan pipi.

"Filler, botox dan tindakan lainnya dianggap sebagai tindakan yang cukup umum bagi mereka untuk mendapatkan tampilan yang diinginkan," kata Matoian.


https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/20/162945420/tren-kecantikan-mulai-wajah-sailor-moon-hingga-aura-cerdas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke