Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Camilan yang Tepat Dimakan Setelah Berolahraga

Saat selesai berolahraga, kita membutuhkan nutrisi untuk mengisi energi dan membangun otot-otot.

Terdapat beberapa makanan yang dianjurkan diasup setelah olahraga. Para pakar olahraga menyebutkan, kita perlu mengatur waktu latihan untuk selesai tepat sebelum waktu makan. 

Sebab, berolahraga sebelum sarapan, makan siang, atau makan malam, membantu kita mengasup makanan yang lebih sehat dan bergizi. 

Namun, jika hanya ingin mengasup camilan, para ahli mengatakan, makanan yang mengandung protein dan karbohidrat komplesk adalah pilihan terbaik.

Berikut camilan sehat yang bisa dipilih setelah selesai berolahraga.

"Telur dan roti panggang membantu mempecepat pemulihan. Ini adalah makanan ringan yang dipadukan dengan protein (untuk membangun kembali otot) dan karbohidrat sehat (untuk mengisi kembali energi)," kata ahli gizi Beth Warren kepada Insider. 

Untuk hasil optimal, dia menganjurkan untuk mengonsumsi makanan tersebut 30 menit setelah olahraga.

Pelatih kebugaran dan YouTuber Carly Rowena mengatakan, setelah olahraga penting untuk mengasup makanan ringan yang bisa bertahan hingga ke waktu makan berikutnya.

“(Karena itu) makanan ringan seperti selai kacang dan apel mempercepat pembaruan glikogen kembali ke otot dan memulai pembentukan otot,” kata Rowena.

"Kacang memiliki protein, mempercepat menyerap untuk menyediakan asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk pemulihan dan pembentukan otot," Katie Dunlop, pelatih dan pendiri Love Sweat Fitness.

"Pisang kaya kandungan kalium yang dapat membantu mencegah kram dan membantu rehidrasi," kata ahli gizi Rachael Hartley menjelaskan kepada Insider. 

Dia menambahkan, gula alami dalam buah-buahan, misalnya pada pisang, juga membantu mengisi bahan bakar tubuh.

"Daging kalkun dan keju mengandung protein, sementara apel mengandung energi dan mengisi kembali glikogen," kata ahli nutrisi di Nutrisi Nyata NYC Amy Shapiro.

  1. Daging kering dan buah pir

Konsultan kesehatan dan kebugaran Michael Castiglione mengatakan, 2 hingga 3 ons dendeng sapi atau daging kering mengandung setidaknya 15-20 gram protein hewani. Jumlah itu dapat diserap tubuh dalam satu waktu. Dan kombinasi antara daging kering dan pir dianggap tepat.

“Selain itu, makan buah utuh yang mengandung serat membantu memperlambat proses memecah karbohidrat dan memperlambat pelepasan hormon insulin."

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/22/110000420/camilan-yang-tepat-dimakan-setelah-berolahraga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke