Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jarang Kumpul Anak dan Suami (Bagian 2)

Kompas.com - 22/02/2010, 12:09 WIB

KOMPAS.com - Biasanya orang akan lebih menemukan pasangan hidupnya dari lingkungan yang sama. Bagaimana pengalaman Sri Parmini, brigadir jenderal (Brigjen) perwira staf ahli tingkat II kawasan Eropa dan Amerika Serikat staf ahli bidang hubungan internasional TNI AD?

Sri tidak pernah menyangka akan bertemu jodohnya saat telah bertugas di mess Pusat Pendidikan Korps Wanita Angkatan Darat (Pusdikowad) di Bandung. Saat itu, anak pertama dari empat bersaudara ini tinggal di mess bersama teman-temannya.

''Satu mess itu isinya 15-20 orang. Nah, saat itu ada satu pria yang bukan angkatan (bukan perwira, RED) suka main ke mess kami,'' kenang Sri.

Pria itu adalah Achmad Kaelani. Sosoknya yang charming dan percaya diri membuat Sri jatuh hati. Sri merasa sedikit heran, mengapa Achmad tampaknya tidak minder saat bertandang ke mess. Ternyata, Achmad juga datang dari keluarga Angkatan Udara, dan ada kerabatnya yang juga tinggal di mess tersebut. Karena itu, wajar bila Achmad terlihat tidak canggung lagi berhadapan dengan dunia militer.

Di mata Sri, Achmad sosok yang bertanggungjawab dan pekerja keras. Menurutnya, pria harus bisa menjadi imam yang baik, dan bertanggungjawab dengan masa depan, karena ia akan menghidupi istri dan anak-anaknya. Namun kesibukan Sri tidak membuat dirinya mampu mempersiapkan pernikahan dengan segala atributnya.

''Saat itu enggak ada pingit-pingitan 40 hari khas orang Jawa. Saya saja baru pulang ke Boyolali tiga hari sebelum menikah,'' tandasnya.

Lamaran pun dilakukan hanya antara orangtua Sri dan Achmad di Boyolali. Jadilah mereka menikah di tahun 1984. Saat itu usia Sri 27 tahun. Dari pernikahan tersebut, pasangan ini dikaruniai dua anak, perempuan dan laki-laki. Sebenarnya Sri ingin memiliki banyak anak. Tetapi ada peraturan khusus di militer, dimana anggotanya hanya diperbolehkan memiliki tiga anak.

Long distance relationship

Sri harus menjalani long distance relationship dengan keluarganya. Ia tetap menjalani tugas di Bandung, sedangkan suami dan kedua anaknya tinggal di Jakarta. Dengan kehidupan seperti ini, jelas Sri tidak dapat melakukan sebagian tugasnya sebagai ibu, misalnya menyiapkan sarapan atau mengantar anak ke sekolah. Sang suami lah yang sehari-hari mengasuh buah hati mereka.

Perempuan berkulit hitam manis ini merasa bersyukur keluarganya terbiasa hidup mandiri, meski tanpa kehadiran dirinya. ''Suami dan anak-anak amat mendukung saya. Mereka tidak pernah protes selama yang saya lakukan memang didedikasikan untuk pekerjaan,'' jelasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com