Memulai Hidup Sehat Bisa dengan Langkah-Langkah Ini

Kompas.com - 10/01/2018, 11:09 WIB
Ilustrasi hidup sehatHalfpoint Ilustrasi hidup sehat

KOMPAS.com - Ada sejumlah langkah yang bisa kita ikuti untuk memulai hidup sehat di tahun baru 2018. Berikut 25 langkah sederhana untuk menata gaya hidup sehat di tahun baru:

1. Lebih sering memasak sendiri

Makanan yang dimasak sendiri cenderung lebih sehat daripada makanan yang dibeli di luar karena kita tahu apa saja kandungan dari masakan tersebut. Dengan membawa makanan buatan sendiri, kita tak akan mudah tergoda memesan makanan enak yang kurang sehat.

Kita juga bisa memastikan mendapatkan cukup protein, serat dan sayuran penuh nutrisi dari masakan yang kita buat sendiri. Termasuk membatasi asupan lemak, gula dan garam yang mengundang risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Jika tak punya cukup waktu untuk memasak, Anda bisa menggunakam crock-pot atau slow cooker dan membuat masakan sederhana.

Baca juga : Memasak Makanan Sendiri Bikin Hidup Lebih Bahagia, Mau Bukti?

2. Tak terbebani resolusi tahun baru

"Januari adalah bulan yang tepat untuk membuat resolusi tahun baru. Hal ini bisa menjadi baik untuk kesehatan secara mental, namun pastikan daftar resolusi tersebut masuk akal untuk dilakukan sehingga lebih mungkin untuk dicapai," ujar Stacy Kaiser, psikoterapis dari New York dan penulis di Live Happy.

Ia mencontohkan, resolusi untuk menurunkan berat badan hingga 13 kilogram mungkin terlalu sulit, kecuali Anda bertekad lebih banyak berolahraga dan membenahi pola makan.

Baca juga : Apakah Resolusi Paling Populer di Tahun 2018?

3. Atur jadwal cek kesehatan rutin

Pada awal tahun, buatlah daftar kunjungan ke dokter, termasuk dokter gigi, untuk secara rutin melakukan cek kesehatan.

"Catat ini pada kalender dan jadikan kesehatan sebagai prioritas. Jika tidak, agenda cek kesehatan tersebut akan mudah terlewati," kata Josie Znidarsic, Dokter Penyakit Dalam di Klinik Claveland, Wellness Institute in Cleveland, Ohio, Amerika Serikat.

Baca juga : 9 Cara Sederhana untuk Menjaga Kesehatan

 

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorWisnubrata
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X