Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Punggung Nyeri

Kompas.com - 30/10/2018, 09:09 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Nyeri punggung membuat kita tidak bisa bergerak bebas. Terkadang, untuk duduk saja rasa nyeri sering kali muncul. Sungguh menyiksa, bukan?

Muncul rasa nyeri di punggung ini bisa disebabkan oleh penyakit, seperti slippery disc (pergeseran piringan sendi di sekitar tulang belakang) atau adanya tumor di sekitar area tulang punggung.

Bukan hanya itu saja, memiliki kebiasaan tertentu juga bisa jadi penyebabnya. Apa saja kebiasaan yang membuat punggung sakit? Yuk, cari tahu apa saja kebiasaan tersebut untuk membantu kita mencegah nyeri punggung datang kembali.

Hampir semua orang pernah merasakan sakit punggung. Kondisi ini sebenarnya paling sering disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang membuat otot atau sendi jadi menegang dan stres.

Bila sering merasakan sakit punggung, kamu sebaiknya menghindari beberapa kebiasaan, seperti:

1. Duduk membungkuk

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi
Mulai dari pelajar sampai pegawai kantoran biasanya menghabiskan waktu untuk duduk. Sayangnya, banyak orang duduk dengan posisi yang salah, contohnya duduk membungkuk. Jika kamu sering duduk dengan posisi ini, lekukan normal pada tulang belakang bisa berubah.

Selain itu, piringan sendi di antara juga juga bisa rusak. Bila kebiasaan ini dibiarkan terus-menerus, risiko terkena penyakit arthritis (nyeri sendi) jadi lebih besar.

Selain kebiasaan duduk membungkuk, postur tubuh yang buruk lainnya seperti cara berdiri dan cara berjalan yang salah bisa menyebabkan cedera dan membuat risiko nyeri punggung meningkat.

Untuk menghindarinya, lakukan peregangan ringan pada pinggang dan leher untuk mengurangi tekanan pada otot setiap setengah jam.

Baca juga: Posisi Duduk yang Bisa Bikin Mood Lebih Baik

2. Makan sembarangan

Ilustrasi makan sambil bekerjaDragonImages Ilustrasi makan sambil bekerja
Tubuh memerlukan vitamin D, kalsium, fosfor setiap hari untuk membangun otot, tulang dan jaringan lunak yang kuat di sekitar punggung.

Jika kita tidak cermat dalam memilih makanan, apalagi sering makan makanan rendah mineral tapi tinggi gula, kesehatan tulang punggung bisa terancam. Berat badan jadi bertambah, tekanan pada tulang sekitar punggung juga akan bertambah.

Parahnya lagi, peradangan di sekitar sendi dan tulang jadi lebih rentan terjadi. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri punggung dan berbagai penyakit pada tulang.

Apa solusinya? Kita harus memerhatikan kembali apa saja yang kitaa makan dan minum. Perbanyak makan sayur dan buah, serta makanan lain yang mengandung protein dan lemak sehat.

Baca juga: Tampil Lebih Percaya Diri dengan Postur Tegap

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com