Kompas.com - 12/06/2020, 21:38 WIB
ilustrasi pasangan shutterstockilustrasi pasangan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Hubungan seksual yang memuaskan tentu membutuhkan gairah bercinta. Meski demikian, ada beberapa faktor yang membuat gairah seksual seseorang jadi menurun. Selain pada pria, libido rendah juga dapat dialami oleh para wanita.

Libido rendah, atau dalam istilah medis dikenal dengan hypoactive sexual desire disorder (HSDD) adalah kondisi disfungsi seksual pada wanita.

Libido rendah ditandai dengan tidak adanya minat melakukan hubungan seksual, tidak adanya minat memikirkan seks, tidak tertarik memulai hubungan seks, tidak merasakan kenikmatan saat berhubungan seksual, dan sulit dirangsang.

HSDD dapat terjadi pada wanita dari berbagai rentang usia. Namun, wanita dengan usia produktif, yakni usia 45-64 tahun, lebih banyak mengalami libido rendah sebesar 12.3 persen.

Mengapa wanita mengalami libido rendah?

Secara alami, wanita akan mengalami perubahan gairah seksual dari waktu ke waktu, yakni selama enam bulan atau lebih.

Namun, jika penurunan libido terus terjadi hingga mengganggu hubungan dengan pasangan, maka perlu dicari tahu penyebabnya.

Libido rendah pada wanita dapat disebabkan oleh penyebab fisik, perubahan hormon, penyebab psikologis, dan masalah dalam hubungan.

1. Penyebab fisik

Berbagai macam penyakit, perubahan fisik, dan jenis obat-obatan tertentu dapat menyebabkan libido rendah pada wanita, di antaranya:

  • Masalah seksual. Jika Anda mengalami rasa nyeri saat berhubungan seks atau kesulitan mencapai orgasme, hal tersebut dapat mengurangi hasrat seksual.
  • Penyakit tertentu. Beberapa jenis penyakit tertentu dapat menurunkan libido pada wanita, seperti radang sendi (artritis), kanker, diabetes, tekanan darah tinggi, jantung koroner, dan penyakit saraf.
  • Konsumsi obat-obatan. Beberapa resep obat dokter, seperti antidepresan (selective serotonin reuptake inhibitors), obat penurun tekanan darah, obat kontrasepsi oral, diketahui dapat menurunkan gairah seks pada wanita.
  • Pola hidup. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat mengganggu gairah seksual Anda. Begitu pula dengan kebiasaan merokok yang dapat menurunkan aliran darah dan menyebabkan penurunan libido pada wanita.
  • Tindakan pembedahan. Tindakan operasi yang dilakukan pada payudara atau alat kelamin dapat memengaruhi bentuk tubuh, fungsi seksual, dan gairah seks.
  • Kelelahan. Lelah akibat pekerjaan sehari-hari atau mengasuh anak dapat membuat libido rendah. Selain itu, rasa lelah yang disebabkan oleh penyakit atau pascaoperasi bisa mengakibatkan menurunnya hasrat seksual pada wanita.

Baca juga: 7 Penyebab Libido Wanita Rendah

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X