Kompas.com - 16/03/2021, 08:22 WIB
Ilustrasi sari cuka apel alicjaneIlustrasi sari cuka apel
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Cuka sari apel adalah salah satu produk kesehatan alami yang populer, dengan klaim memiliki banyak manfaat, termasuk menyembuhkan diabetes dan mengecilkan lingkar pinggang.

Meskipun cuka apel memiliki reputasi yang baik dalam membantu kesehatan, tetapi ada juga persepsi yang menyesatkan dari kegunaan cuka sari apel dan perlu diperjelas kembali.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjabaran manfaat kesehatan sekaligus pandangan keliru tentang cuka sari apel:

1. Menurunkan gula darah

Kegunaan cuka sari apel yang paling populer dan sering dicari oleh orang-orang salah satunya berkaitan dengan pengobatan diabetes.

Ahli diet terdaftar, Carol Johnston telah mempelajari efek asam asetat, komponen utama cuka pada kadar glukosa darah penderita diabetes sejak tahun 2004.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasilnya, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa cuka, termasuk cuka sari apel, dapat mengubah atau mencegah diabetes secara signifikan.

Meski begitu, penelitian memang memperlihatkan asam asetat dapat digunakan sebagai salah satu alat dalam membantu orang untuk menurunkan gula darah.

Pada sebuah uji klinis acak tahun 2019 ditemukan penurunan 10 poin dalam konsentrasi glukosa puasa pada orang-orang yang mengonsumsi dua sendok teh cuka apel dua kali sehari.

Dalam penelitian Johnston, orang-orang yang paling diuntungkan dari penggunaan cuka  ternyata resisten terhadap insulin atau suatu kondisi yang disebut pradiabetes.

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.