Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

"Sunday Night Blues", Perasaan Cemas di Akhir Pekan

Kompas.com - 05/12/2022, 19:16 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Bagi semua orang, akhir pekan adalah waktu yang sangat dinanti-nantikan. Bagaimana tidak? hari itu merupakan saat kita bisa beristirahat dari penatnya aktivitas di hari kerja. Pada akhir pekan, kita pun bebas melakukan kegiatan yang disukai.

Sayangnya, terdapat suatu kondisi yang membuat penderitanya merasa akhir pekan justru terasa mencemaskan, khususnya hari Minggu.

Dalam siniar Anyaman Jiwa bertajuk “Gen Z Pasti Tahu Sunday Night Blues” dengan tautan akses dik.si/AJSNBlues Ernestine Oktaviana S.Psi, Konselor Dear Astrid, menyebut kondisi ini sebagai Sunday Night Blues.

Apa itu Sunday Night Blues?

Mengutip Training, Sunday Night Blues adalah perasaan takut, cemas, dan sedih yang menyelimuti seseorang pada Minggu sore atau malam hari. Hal ini juga dikenal sebagai Sunday Night Depression yang diklasifikasikan psikolog sebagai depresi situasional.

Depresi ini terjadi sebagai reaksi terhadap suatu keadaan yang belum terjadi dan hilang ketika hal itu berlangsung. Dalam survei oleh Monster, diketahui 78 persen orang Amerika Serikat pernah mengalaminya. Bahkan, 62 persennya menganggap hari Minggu itu sangat buruk.

Ada tiga latar belakang yang menyebabkan orang merasakan kondisi ini di hari minggu dan cenderung takut pada hari Senin. Pertama, alih-alih menikmati waktu libur, orang tersebut sedang menyelesaikan tugas-tugas yang terbengkalai.

Baca juga: Alasan Jangan Melakukan Self Diagnose Kesehatan Mental

Kedua, yaitu menyesali cara menghabiskan waktu di akhir pekan dan berharap bisa melakukan kegiatan lebih banyak. Ketiga adalah ketakutan karena memikirkan tekanan yang akan dihadapi selama lima hari ke depan.

Bagi sebagian orang, kondisi ini bisa mengganggu kesehatan mental. Pasalnya, perasaan sedih kita bisa berada dalam level yang ekstrim bahkan sampai menangis, cemas, dan gelisah saat mengetahui kalau kita bangun di hari Minggu.

Cara Mengatasi "Sunday Night Blues"

Namun, jangan khawatir sebab kondisi ini bisa diatasi. Mengutip dari Forbes, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

1. Jadwalkan aktivitas yang menyenangkan

Sebelum akhir pekan datang, kita bisa mulai memikirkan aktivitas-aktivitas yang sekiranya menyenangkan dilakukan. Cobalah merencanakan aktivitas menyenangkan yang tak terlalu memberatkan, seperti pergi ke bioskop dan menghabiskan waktu di luar sendirian atau bersama teman.

2. Putuskan kontak soal pekerjaan saat akhir pekan

Setelah jam kerja pada hari Jumat berakhir, kita bisa memutus kontak yang berhubungan dengan pekerjaan. Jika ada dana lebih, belilah dua ponsel berbeda untuk memisahkan aktivitas personal dan pekerjaan.

Terkadang pula, kita memiliki atasan atau rekan kerja yang bertanya soal pekerjaan di akhir pekan. Untuk mengatasinya, tetapkan batasan terhadap diri sendiri dan pastikan membalasnya di hari Senin nanti.

3. Terapkan teknik mindfulness

Kecemasan yang terdapat dalam Sunday Night Blues biasanya berasal dari pikiran yang dipenuhi pemikiran negatif. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi pikiran tersebut adalah mindfulness.

Baca juga: Membangun Hubungan Baik Antarsaudara

Teknik ini membantu kita untuk hidup tanpa harus mencemaskan hal-hal yang akan terjadi di masa depan. Pasalnya, hal-hal tersebut belum pasti terjadi dan kemungkinan buruk itu hanya berasal dari pikiran kita saja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com