Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2023, 08:00 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Setelah bertahun-tahun digunakan, gunting bisa menjadi tumpul, sehingga menyulitkan saat dipakai untuk memotong.

Namun, daripada buru-buru membuang gunting tumpul ke bak sampah, kita bisa mencoba untuk mengasahnya terlebih dahulu. 

Cara mengasah gunting

Untuk menentukan cara terbaik untuk mengasah gunting, kita harus mempertimbangkan seberapa tumpul gunting tersebut, biaya, dan kualitasnya.

Lalu pikirkan pula, apakah kita berniat berinvestasi dalam produk untuk mengasah, atau hanya ingin menggunakan apa yang ada di rumah untuk mengasah. 

Memang, sejauh ini cara paling efektif untuk mengasah gunting di rumah adalah dengan menggunakan alat genggam yang dapat diputar (seperti dremel) atau batu asah (juga dikenal sebagai batu asah atau batu asah).

Tapi, terlepas dari kedua alat itu, kita dapat mengasah gunting dengan sesuatu yang lebih mudah didapat di rumah, yakni amplas.

Dan bahkan, jika kita tidak memiliki amplas, amplas dapat dibeli dengan harga relatif murah dan mudah ditemukan di toko-toko material.

Untuk mengasah gunting, pilihan terbaik kita adalah menggunakan amplas aluminium-oksida dengan tingkat kekasaran antara 150 dan 200.

Idenya adalah agar sisi abrasif amplas secara efektif berfungsi sebagai jenis batu asah pada mata pisau yang tumpul.

Mulailah dengan secara hati-hati membersihkan mata gunting, menggunakan alkohol gosokuntuk menghilangkan sisa-sisa yang lengket.

Kemudian, lipat amplas menjadi dua, sehingga sisi yang kasar berada di luar. Selanjutnya, gunakan gunting tumpul untuk memotong amplas menjadi potongan-potongan tipis.

Lalu, gunakan lap bersih atau tisu untuk menyeka bilah pisau. Ketika merasa sudah selesai, seka mata pisau dengan lap, dan cobalah untuk memotong kertas.

Jika gunting belum kembali berfungsi dengan baik, ulangi prosesnya dengan amplas yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com