Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2023, 05:15 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Beberapa orang pasti pernah mengalami rasa cemas dan khawatir. Namun hal tersebut bisa mengganggu kesehatan mental bila terjadi secara berlebihan atau dikenal sebagai overthinking.

Orang-orang yang overthinking cenderung terlalu banyak berpikir dan menganalisis segala sesuatu, sehingga membuat mereka selalu terperangkap di dalam pikiran mereka.

Meski semua orang bisa berpotensi mengalami overthinking, namun kita juga dapat mengetahui kecenderungan ini melalui astrologi atau ramalan bintang.

Baca juga: 4 Pasangan Zodiak Paling Toksik Bila Menjalin Hubungan Asmara

Dilansir dari laman Best Life, para astrolog pun mengungkap sejumlah zodiak yang dikenal paling sering mengalami overthinking sebagai berikut.

1. Pisces

Pisces adalah zodiak yang sangat berempati. Meskipun hal ini membantu mereka memahami emosi orang lain, hal ini juga membuat mereka terlalu banyak menganalisis.

Pisces selalu menyerap energi orang lain dan menghabiskan lebih banyak waktu daripada yang seharusnya untuk mencoba mengungkap arti penting dari perasaan tersebut.

Untuk membantu mengatasi emosi ini, mereka sering menarik diri dari kenyataan.

"Pisces sangat mahir dalam menciptakan dunianya sendiri sehingga sulit untuk menjalani kehidupan normal mereka," kata Tara Bennet, astrolog dan pelatih spiritual di Mediumchat.

"Mereka selalu memikirkan apa yang mungkin terjadi atau yang seharusnya terjadi," terangnya.

2. Leo

Leo memiliki reputasi senang menjadi pusat perhatian. Dari semua zodiak, mereka memiliki ego terbesar dan mungkin paling peduli dengan apa yang dipikirkan orang.

Jadi, ketika mereka tidak mendapatkan perhatian dan kekaguman yang didambakan, sangat mungkin pikiran yang tidak diinginkan akan muncul.

"Meskipun Leo umumnya membuat keputusan dengan penuh percaya diri, mereka bisa mengalami overthinking ketika menyangkut hal-hal yang mempengaruhi citra publik atau kebanggaan pribadi mereka," terang Raquel Rodriguez, seorang astrolog dan pendiri Your Zodiac.

Baca juga: Dari Cancer ke Scorpio: Zodiak Mana yang Paling Dewasa dalam Asmara?

3. Capricorn

Capricorn adalah pekerja keras. Mereka berorientasi pada tujuan dan akan memeriksa setiap detail kecil sebelum mengambil kesimpulan.

"Jika hidupnya tidak seimbang, Capricorn tidak bisa fokus pada hal lain, dan mereka akan terus memikirkan masalah dan solusi terbaik," kata Bennet.

Zodiak ini juga menyukai hal-hal yang dilakukan dengan cara tertentu, jadi mereka tidak akan banyak menganalisis jika mereka yang memegang kendali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com