Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brightspot Market 2023, Mengajak Pelaku UMKM Cerdas Memanfaatkan Teknologi

Kompas.com - 15/09/2023, 18:40 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Brightspot Market 2023 kembali muncul sebagai salah satu ajang yang dinanti dalam industri kreatif Indonesia.

Dalam tahun keempatbelasnya ini, Brightspot Market tidak sekadar menjadi tempat bagi para kreator untuk memamerkan karya mereka, tapi juga mengajak kita untuk merenungkan keterhubungan antara manusia, alam, dan teknologi.

Dengan tema "The Future is Human", Brightspot Market ingin menyampaikan pesan bahwa penggunaan teknologi secara cerdas sebenarnya membuka lebih banyak peluang bagi manusia untuk berkreasi dan menemukan inspirasi tanpa batas.

Tema tahun ini mendorong brand lokal untuk memanfaatkan kecerdasan buatan. Hal ini mengingatkan kita bahwa dalam segala aspek bisnis, manusia tetap menjadi fokus utama, sambil menggunakan teknologi dengan bijaksana untuk meningkatkan pengalaman konsumen.

Brightspot Market 2023, yang diselenggarakan bersama PT Bank Central Asia (BCA), adalah upaya kolaboratif untuk mempersiapkan brand lokal menghadapi masa depan yang semakin digital.

“BCA Goodlife X Brightspot Market 2023 “The Future is Human” mengingatkan industri kreatif untuk merasakan setiap moment dalam kehidupan, serta menghidupkan kembali interaksi tatap muka yang terlupakan,” ujar Anton Wirjono selaku Founder Brightspot Market dan Future 10 saat mengutarakan esensi dari gelaran Brightspot Market.

“Pergeseran strategi dari online ke offline dan atau hybrid, menghadirkan tantangan baru bagi para pelaku industri kreatif. Dalam tema kali ini, kami mengajak brand lokal untuk kembali mengintegrasikan strategi daring dan luring guna menjangkau lebih banyak audience,” lanjutnya.

Dengan menghadirkan urban lifestyle pop-up market, acara ini tidak hanya mendukung para pelaku industri kreatif tetapi juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Meski bertekad untuk mengajak brand lokal untuk beradaptasi dengan digitalisasi, namun pertumbuhan teknologi yang pesat juga menimbulkan kekhawatiran tentang dampaknya pada pekerjaan dan peran manusia.

Oleh karena itu, penting bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta industri kreatif lokal untuk bijak dalam mengadopsi inovasi teknologi, sehingga teknologi dapat dijadikan sebagai alat pendukung bagi ekonomi kreatif dan membantu manusia beradaptasi dengan perubahan.

Visi dan tekad tersebut nyatanya telah dirasakan juga oleh pelaku UMKM yaitu co-founder brand kuliner Eatlah, Charina Prinandita, dan founder dari Demie Bakmie, Luhur Sarodja dan Muhammad Wale, yang memberikan testimoni mereka pada Selasa (12/9/2023) saat konferensi pers di Plaza Senayan XXI.

Ketiganya setuju bahwa brand yang mereka buat lahir melalui Brightspot Market. Sementara Eatlah menjadi semakin berkembang dan meluas setelah didirikan pada tahun 2016 yang juga menjadi tahun pertama brand tersebut mengikuti Brightspot Market.

Demie Bakmie pun ikut besar namanya setelah membuka outlet pertamanya 5 tahun silam. Kini mereka telah dikenal luas oleh masyarakat berkat Brightspot Market.

Brightspot Market 2023 “The Future is Human” yang akan dibuka untuk umum pada dua akhir pekan tanggal 28 September-1 Oktober dan 6-8 Oktober 2023, mengingatkan kita bahwa meskipun teknologi terus berkembang, esensi dari setiap brand dan bisnis tetap bergantung pada manusia, kreativitas, dan nilai-nilai yang mereka bawa ke dalamnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com