Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Langkah untuk Meningkatkan Metabolisme, Kamu Perlu Tahu

Kompas.com - 24/10/2023, 17:36 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Baik sedang mencari tambahan energi atau memulai perjalanan hidup sehat, penting untuk mempertimbangkan peran metabolisme.

Bertanggung jawab atas fungsi tubuh yang krusial, metabolisme dapat memengaruhi segala hal, mulai dari pengaturan berat badan hingga aliran darah.

Di sini, kita mengeksplorasi apa yang dimaksud dengan metabolisme yang "cepat",  dan menjelaskan beberapa metode untuk meningkatkan metabolisme.

Bagaimana metabolisme berdampak pada tubuh?

"Metabolisme adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan semua proses kimiawi yang terjadi di dalam sel dalam tubuh setiap hari, dan bagaimana sel tersebut menggunakan energi."

Demikian penjelasan Laura Purdy, M.D., dokter keluarga bersertifikat dan kepala petugas medis di layanan kesehatan jarak jauh OpenLoop, yang berbasis di Miami Beach, Florida, AS.

Selama proses metabolisme, sistem pencernaan memecah makanan menjadi gula dan asam, yang digunakan tubuh sebagai bahan bakar.

Baca juga: Vitamin untuk Turunkan Berat Badan dan Tingkatkan Metabolisme

Jika tubuh tidak segera menggunakan energi tersebut, maka tubuh akan menyimpan bahan bakar tersebut di dalam jaringan, seperti di dalam hati atau otot.

"Metabolisme bertanggung jawab untuk mengubah makanan menjadi energi," kata Vinita Dhir Tandon, M.D., ahli endokrinologi bersertifikat dan Direktur Medis di Lifeforce, sebuah platform pengoptimalan kesehatan pribadi.

"Ketika kita mengonsumsi makanan, makanan tersebut dipecah menjadi molekul-molekul seperti glukosa, yang dapat digunakan oleh sel sebagai energi," kata dia.

"Tubuh bekerja keras, memproses ribuan proses kimiawi di seluruh tubuh untuk menjaga sistem tetap bergerak dan membuat kita tetap sehat," kata Tandon lagi.

Proses fisik dan kimiawi ini meliputi sirkulasi darah, mengatur suhu tubuh, pernapasan, pencernaan makanan, pembuangan limbah, fungsi otak dan saraf, serta kontraksi otot.

Kecepatan tubuh menghasilkan energi dan melakukan proses kimia dan fisik bervariasi antara orang yang satu dengan yang lain.

"Berbagai hormon, seperti insulin, hormon tiroid dan hormon seks, berperan dalam mengatur metabolisme," kata dia.

"Ketidakseimbangan hormon-hormon ini dapat memengaruhi metabolisme dan menyebabkan masalah kesehatan seperti diabetes atau gangguan tiroid," sambung Tandon.

Baca juga: Pemanis Buatan dalam Makanan dan Efek Buruknya pada Metabolisme Tubuh

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com