Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2023, 12:32 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernahkah kamu melihat klip dimana para atlet terjun ke dalam bak berisi air dingin setelah latihan atau pertandingan besar? Itu biasanya disebut dengan “cold plunges” yang pada dasarnya adalah praktik mandi es setelah aktivitas fisik.

Pada kenyataannya mandi es setelah aktivitas fisik memiliki beberapa manfaat. Dokter spesialis olahraga, Dominic King, DO, menjelaskan manfaatnya beserta cara melakukannya dengan aman.

Jadi sebenarnya apa itu “cold plunge”?

Seperti namanya, “cold plunge” adalah berendam atau mandi di dalam air es yang sangat dingin.

Namun tidak seperti mandi biasanya yang mungkin membutuhkan waktu lama dan dilakukan untuk tujuan perawatan diri, mandi air es lebih seperti mencelupkan tubuh saja dengan cepat ke dalam air es yang bersifat terapeutik.

Baca juga: Mengenal Terapi Berendam Air Es, Manfaat, dan Risikonya

Jika ingin melakukannya, kamu dapat mengisi setengah bak mandi atau ember mandi besar dengan air dingin, kemudian menambahkan tiga kantong besar es batu.

“Atau gunakan wadah yang lebih kecil untuk fokus pada bagian tubuh yang lebih kecil, seperti siku.” tambahnya

Isi bak mandi dengan air yang tidak lebih dingin dari sekitar 53 derajat Fahrenheit (11,6 derajat Celsius). Namun jika kamu baru mengenal mandi air es, Dr. King merekomendasikan untuk memulai dengan suhu yang lebih hangat sekitar 68 F (20 C) yang sesungguhnya masih tetap sangat dingin untuk mandi.

Manfaat mandi air es

Jangan salah! Mandi air dingin ini bukan hanya dapat digunakan sebagai challenge di media sosial tetapi juga dapat menjadi salah satu alat pemulihan.

Meskipun penelitian pada tahun 2017 mempertanyakan keefektifannya, namun kenyataannya cold plunge dapat meredakan nyeri otot, memberikan manfaat fisik, mental, dan fungsional.

Banyak ahli profesional medis, terutama yang menangani atlet, masih menganggapnya berguna. Bahkan sebuah studi tahun 2021 terhadap pemain sepak bola perguruan tinggi mendukung terapi mandi air es untuk pemulihan pasca-olahraga.

Sementara itu, manfaat-manfaat lain yang mungkin akan kamu dapatkan ketika mandi air es adalah:

1. Meredakan nyeri otot

Mandi air es ini cocok untuk dilakukan setelah kegiatan fisik yang berat atau olahraga keras karena air dingin dapat menyempitkan pembuluh darah sehingga memperlambat aliran darah dan mengurangi sebagian pembengkakan maupun nyeri yang dirasakan di otot.

Namun, sekali lagi, pastikan kamu hanya meredakan nyeri pasca-latihan dan bukan nyeri karena penyebab lainnya. Jika kamu harus menahan rasa sakit saat berolahraga, mungkin saja ada cedera yang mendasarinya dan menutupinya dengan rasa dingin bukanlah keputusan yang bijak.

“Kamu mungkin malah menunda penyembuhan yang tepat,” kata Dr. King memperingatkan.

Baca juga: Mandi Air Es demi Redakan Nyeri Otot, Simak Penjelasannya...

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com