Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebiasaan Positif Orang-orang Sukses yang Bisa Kita Tiru

Kompas.com - 25/01/2024, 08:26 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Jika kamu kerap membaca buku pengembangan diri --baik membaca otobiografi orang-orang sukses dan terkenal, atau buku-buku strategi bisnis--  kamu akan melihat kesamaan pada cerita bagaimana mereka meraih keberhasilan.

Umumnya orang-orang sukses memiliki kebiasaan tertentu yang membantu mereka meraih tujuan. Kebiasaan-kebiasaan ini tidak akan mengubah kita menjadi miliarder dalam semalam. Tetapi cobalah terapkan dan kamu pasti akan melihat perubahan dalam pola pikir dan, pada gilirannya, kamu akan lebih mampu mencapai tujuanmu.

Apa saja kebiasaan-kebiasaan yang dimiliki rang-orang sukses? Berikut 7 di antaranya yang bisa kita terapkan mulai sekarang.

Membaca

Ilustrasi membaca buku.SHUTTERSTOCK Ilustrasi membaca buku.
Contoh orang sukses yang suka membaca antara lain Bill Gates, salah satu pendiri Microsoft dan Warren Buffet, investor dan pengusaha Amerika Serikat. 

Gates selalu meluangkan waktu untuk membaca, bahkan memiliki jadwal liburan khusus untuk membaca. Ia kerap membagikan judul-judul buku yang layak dibaca karena memberi banyak perspektif dan pengetahuan.

Sedangkan Buffet menganggap pengetahuan sebagai investasi. Semakin banyak kita membaca, semakin banyak pula kita berinvestasi dan belajar. Ia diberitakan membaca hingga delapan jam sehari, memprioritaskan membaca di atas banyak hal lain.

Apapun yang kamu baca, fiksi atau non fiksi, akan memberi tambahan pengetahuan. Selain itu ada banyak sekali manfaat kesehatan yang terkait dengan membaca – mulai dari menurunkan risiko demensia hingga mengurangi stres.

Tambahkan pengetahuan, cari inspirasi, dan kembangkan imajinasi dengan jadwal membaca yang teratur dan raihlah hasilnya. Gantikan beberapa menit waktu bermain medsos dengan membaca sesuatu yang kamu minati atau kamu rasa akan berguna di kemudian hari.

Baca juga: Ini Hal Positif yang Bisa Didapat dari Membaca Buku

Berjejaring

Ilustrasi persahabatanDragonImages Ilustrasi persahabatan
Kadang-kadang kesuksesan tidak ditentukan dari apa yang kita ketahui, tapi siapa yang kita kenal. Orang-orang sukses memahami pentingnya jaringan, mengetahui apa yang bisa diperoleh dari pergaulan, dan memetakan siapa-siapa saja yang bisa dihubungi untuk proyek dan bisnis tertentu.

Bahkan di dunia saat ini, di mana orang-orang menjalani kehidupan melalui jaringan ‘media sosial’, tidak ada yang bisa mengalahkan pentingnya berinteraksi dengan orang lain secara tatap muka. 

Semakin luas dan beragam kontak yang kamu miliki, semakin besar peluang untuk berbagi dan menerima pengetahuan, saran, dan peluang kerja, proyek, dan bisnis. 

Meski demikian hal ini bergantung pada minat, kemampuan untuk mendengarkan, cara kita meluangkan waktu untuk berada di tempat dan waktu yang tepat bersama orang yang tepat.

Carilah orang-orang dengan minat yang sama, atau yang bisa membuatmu berkembang. Hindari orang-orang yang akan menghambat, seperti mereka yang pesimistis, selalu mengeluh, atau yang tidak memberikan energi positif.

Baca juga: Bergaul dan Kebiasaan Lain yang Mempertajam Memori Otak

Teratur dan terorganisir

Ilustrasi menata ruanganFreepik Ilustrasi menata ruangan
Orang yang sukses umumnya tahu persis apa yang akan mereka lakukan dan kapan mereka akan melakukannya. Hal ini menunjukkan bahwa hidup mereka terencana dan terorganisir dengan baik.

Pakar produktivitas dan organisasi, David Allen, dalam bukunya Getting Things Done, menyebutkan “Cara agar kita bisa terorganisisr adalah selalu merencanakan dan menjadwalkan apa saja yang akan kita lakukan, memiliki tujuan dan sasaran yang jelas, dan mengatur waktu secara efektif saat melalukannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com