Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2024, 12:35 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Menghilangkan lemak perut dapat mengurangi risiko kondisi kesehatan kronis dan kita bisa melakukannya dengan pola makan tinggi protein tanpa lemak, berolahraga secara teratur, mengurangi stres, dan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Memang kebanyakan nasihat penurunan berat badan terfokus pada hal-hal yang salah, seperti tampil dengan perut langsing selama liburan, atau mendapatkan perut six pack yang keren agar terlihat macho.

Ini tidak salah. Namun ketahuilah bahwa menghilangkan lemak perut lebih dari sekadar memenuhi standar kecantikan namun juga berdampak pada kesehatan, pasalnya lemak di sekitar perut bisa menjadi pertanda adanya masalah yang lebih dari sekedar penampilan.

Bagian tengah tubuh yang gendut atau buncit bisa menjadi tanda penumpukan lemak visceral. Berbeda dari lemak subkutan yang terletak tepat di bawah kulit, lemak visceral masuk lebih dalam di antara organ-organ. 

Karena lemak ini mengelilingi organ, maka dapat meningkatkan risiko terkena kondisi seperti diabetes, penyakit jantung, sindrom ovarium polikistik (PCOS) dan banyak lagi.

Artinya manfaat menghilangkan lemak perut lebih dari sekadar bisa mengenakan celana dengan ukuran lebih kecil, namun sekaligus penting untuk kesehatan kita.

Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Lemak Perut

“Kita tidak bisa secara tepat menargetkan di mana kita akan menghilangkan lemak, tapi penting untuk mengurangi lemak visceral,” kata psikolog dan ahli diet terdaftar David Creel, PhD.

“Dengan menurunkan 5% hingga 10% berat badan, kita dapat memperbaiki tekanan darah, gula darah, kadar kolesterol, mobilitas, fungsi seksual, dan banyak lagi.”

Dr Creel berbagi 14 cara untuk menghilangkan lemak perut dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Cara menghilangkan lemak perut

Latihan aerobik adalah salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan jantung karena membantu meningkatkan sirkulasi darah.FREEPIK/MARYMARKEVICH Latihan aerobik adalah salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan jantung karena membantu meningkatkan sirkulasi darah.

1. Pacu jantungmu

Latihan aerobik membakar kalori dan membantu kita mengurangi total lemak tubuh, termasuk lemak perut.

“Olahraga aerobik meningkatkan metabolisme selama dan setelah berolahraga,” jelas Dr. Creel. “Aerobik juga memiliki manfaat positif tidak langsung terhadap berat badan, seperti tidur lebih nyenyak dan pengurangan stres.”

Meningkatkan detak jantung juga dapat membantu membangun tulang yang lebih kuat, mengatur tekanan darah dan meningkatkan keseimbangan, serta manfaat lainnya. 

Untuk hasil terbaik, usahakan melakukan latihan kardio intensitas sedang selama 150 menit per minggu.

Tidak yakin harus mulai dari mana? Cobalah latihan berikut untuk membantu menghilangkan lemak perut:

  • Jalan cepat, joging, atau lari.
  • Bersepeda.
  • Berenang beberapa putaran.
  • Olahraga permainan seperti bola basket, bola voli, tenis, atau badminton.

Ingatlah bahwa berolahraga tidak harus membosankan. Cobalah untuk menemukan aktivitas olahraga yang kamu sukai. Itu akan membuatmu lebih mungkin untuk tetap termotivasi dan melakukannya secara rutin.

ilustrasi latihan bebanshutterstock ilustrasi latihan beban

2. Bangun otot

Memperkuat otot inti dengan latihan seperti crunch dan plank akan memberikan manfaat besar bagi tubuh. Latihan kekuatan seperti itu adalah komponen penting untuk menghilangkan lemak perut. Namun bukan karena akan langsung menurunkan berat badan.

“Saat kita melakukan sit-up dan latihan penguatan inti lainnya, kita memperkuat otot-otot di perut, tetapi itu tidak secara khusus menargetkan lemak atau kulit kendur di sekitar perut,” jelas Dr. Creel.

Secara lebih kompleks, latihan kekuatan membantu membangun otot. Dan otot berfungsi sebagai tungku untuk membakar kalori. Jadi, ketika kita menambahkan latihan kekuatan ke dalam rutinitas olahraga, kita akan membakar lebih banyak kalori. 

Selain itu dengan latihan kekuatan, kalori akan terus terbakar walau kita sudah selesai berolahraga. Itu menyebabkan lebih banyak penurunan berat badan di perut dan tempat lainnya.

Baca juga: Manfaat Efek Afterburn, Saat Kalori Masih Terbakar Setelah Olahraga

Dr Creel merekomendasikan dua hingga tiga sesi latihan kekuatan per minggu.

Berikut beberapa contohnya:

  • Pilates.
  • Kettlebell.
  • Latihan fungsional kalistenik, seperti push-up, squat, dan lunge.
  • Band resistensi.
  • Mesin angkat beban dan dumbel.

Memahami cara cepat menurunkan gula darah sangatlah penting untuk menghindari masalah kesehatan yang lebih serius.Shutterstock/Umpaporn Memahami cara cepat menurunkan gula darah sangatlah penting untuk menghindari masalah kesehatan yang lebih serius.

3. Kurangi gula

Mengonsumsi terlalu banyak gula dikaitkan dengan kelebihan berat badan yang kemungkinan menumpuk di sekitar pinggang. Jadi, mengurangi gula bisa sangat membantu menghilangkan lemak perut.

Namun jangan salah, tidak semua makanan yang mengandung gula itu manis - seperti permen, kue kering, dan cake. Banyak makanan lain yang mengandung gula tambahan dalam jumlah tinggi dan mungkin tidak terdeteksi oleh kita.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com