Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Morning Sickness Saat Hamil Trimester Pertama

Kompas.com - 23/05/2024, 12:08 WIB
Nabilla Ramadhian,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Morning sickness adalah kondisi yang umum terjadi pada banyak perempuan saat hamil muda atau selama trimester pertama.

Kondisi ini membuat ibu hamil mual dan muntah pada pagi hari, meski ada ibu hamil yang merasakannya sepanjang hari, bahkan pada malam hari.

Dilansir dari Eating Well, Rabu (22/5/2024), kondisi ini bisa dipicu oleh apa pun. Tidak ada nafsu makan juga umum terjadi dan dapat dikaitkan dengan mual.

Baca juga:

Namun, ibu hamil harus tetap mengisi perut agar tidak kosong. Meski terdengar aneh, perut sedikit terisi justru mampu membantu mengatasi mual.

“Tips yang berguna untuk mengatasi mual termasuk menghindari perut kosong, memakan makanan dengan jumlah yang lebih sedikit tetapi lebih sering, makan makanan yang rendah lemak, dan minum banyak cairan,” kata Lindsey Janeiro selaku Registered Dietitian Nutritionist (RDN) dan pemilik Nutrition to Fit.

Crystal Karges yang merupakan ahli gizi teregistrasi dan konsultan laktasi menambahkan, memakan makanan yang lebih mudah dicerna oleh tubuh juga dapat membantu mengatasi mual.

Ini termasuk nasi, buah segar, biskuit, sup dan kaldu bening, serta sereal multigrain yang kering dan hambar.

Jenis makanan lainnya yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi mual selama trimester pertama adalah makanan dingin, seperti smoothies dan buah beku, jahe, pepermin, lemon, dan makanan hambar.

Jaga pola makan sehat jika memungkinkan

Banyak ibu hamil trimester pertama yang tidak tahan dengan buah atau sayur. Mereka hanya ingin makanan yang disukai selama periode itu.

Kendati demikian, ibu hamil disarankan untuk mencoba memasukkan makanan sehat ke dalam makanan yang diidamkan.

Jika ingin kentang goreng, misalnya, cobalah memotong ubi menjadi batangan. Lalu, tuangkan sedikit minyak dan garam. Kemudian, panggang sampai renyah.

“Jika lebih menyukai es krim, coba campurkan pisang beku dengan sedikit susu untuk menciptakan tekstur dan rasa yang menyerupai es krim,” imbau Ingrid Anderson yang juga seorang ahli gizi teregistrasi.

Baca juga:

Ketiganya menuturkan, pola makan tidak harus sempurna selama kehamilan. Akan tetapi, tetap disarankan untuk memakan buah dan sayur.

Namun, tidak ada salahnya untuk memakan makanan apa pun yang bisa ditoleransi oleh tubuh ketika sedang tidak enak badan. Ini untuk membuat tubuh nyaman kembali.

“Terkadang, ini berarti memakan salad bersama dengan piza yang diinginkan, dan terkadang memakan apa pun yang tidak akan dimuntahkan,” tutur Janeiro.

Apabila mual, muntah, atau tidak ada nafsu makan terjadi dalam waktu yang lama, kamu bisa dehidrasi dan harus menghubungi dokter kandungan.

@kompas.lifestyle Hayo, siapa nih yang pas Lebaran sering banget dapet pertanyaan "Kapan nikah?" Gak usah bingung, guys. Kalo ada yang nanya gitu, kalem dan senyumin aja. Jawab aja santai kayak gini "Doain aja semoga segera dapet jodoh yang sekufu", jadi gak perlu baper-baperan yaa???? Kalo kalian gimana nih, udah nyiapin jawaban belum? Coba share di komen dong jawaban kalian! Videografer: Timothy Afryano, Via Furgativa Kreatif: Chrisstella Efivania Rosaline Produser: Nabilla Tashandra #kapannikah #lebaran #idulfitri2024 #lebaran2024 ? Monkeys Spinning Monkeys - Kevin MacLeod & Kevin The Monkey
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com