Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2024, 17:17 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Saat ini musik sudah menjadi hiburan yang kerap menemani kegiatan sebagian besar orang. Ketika sedang berkendara, membereskan rumah, atau berolahraga, sebagian dari kita mendengarkan musik untuk membangkitkan semangat.

Tapi apakah benar bahwa musik berpengaruh bagi suasana hati atau mood seseorang yang mendengarkannya?

Musik merupakan healing power yang mudah didapatkan. Saat kita punya perasaan tidak nyaman, salah satu hal yang dianjurkan adalah mendengarkan musik,” ucap psikolog Irma Gustiana Andriani S.Psi, M.Psi dalam konferensi pers bersama Sunsilk Black Shine di Jakarta, Rabu (12/06/2024).

Bagi mereka yang sedang galau atau sedih, Irma menyarankan untuk melakukan terapi musik yang mempunyai lirik positif dan bersemangat.

“Hal tersebut sangat penting untuk membangkitkan suasana hati dan kepercayaan diri,” tuturnya.

Baca juga: Heavy Metal Termasuk Genre Musik Pereda Stres

Jadi, ketika kita mendengarkan lagu yang membangkitkan semangat dengan irama yang menyenangkan, maka hal itu bisa meningkatkan kebahagiaan.

Begitu juga sebaliknya, ketika mendengarkan lagu yang mempunyai lirik sedih, maka perasaan bisa ikut terbawa menjadi sedih.

Pendapat ini disetujui oleh penyanyi berbakat, Tiara Andini.

Pada kesempatan yang sama Tiara mengungkapkan bahwa lagu-lagunya berpengaruh pada mood para pendengar.

“Aku suka baca komentar yang masuk, ada beberapa komentar yang bilang ‘lagi tidak galau tapi mendengar lagu Titi yang galau jadi ikut galau’,” ungkapnya.

Namun, perlu diingat bahwa pengaruh lagu terhadap suasana hati seseorang bisa berbeda-beda antara individu. Setiap orang memiliki selera musik yang unik, dan apa yang membuat satu orang merasa senang atau sedih bisa berbeda bagi orang lain.

Oleh karena itu, penting untuk mendengarkan musik yang sesuai dengan selera pribadi dan memperhatikan bagaimana kita merespons musik tersebut.

Baca juga: Bekerja Sambil Dengar Musik, Benarkah Bisa Lebih Produktif?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com