Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak 4 Cara Membuat Capsule Wardrobe, Solusi Cepat Memilih Pakaian

KOMPAS.com - Terdapat beberapa alasan mengapa orang membeli banyak pakaian dengan beragam model yang berbeda.

Salah satunya adalah untuk menunjang penampilan saat bekerja, pergi kuliah, nongkrong, atau pergi ke acara formal seperti kondangan.

Meski begitu, alasan tersebut tidak serta merta membuat segalanya menjadi mudah dan sesuai ekspektasi.

Pasalnya, banyaknya pakaian yang dimiliki justru membuat lemari penuh sesak dan sering membuat orang-orang bingung memilih pakaian yang akan dipakai.

Nah, jika kamu adalah orang yang memiliki masalah di atas dan sering merasa malas menata pakaian, kamu bisa menjadikan capsule wardrobe sebagai solusinya.

Kalau kamu belum tahu, capsule wardrobe merupakan kombinasi dari pakaian dan aksesoris dengan model timeless.

Kamu bisa memilih beragam warna pakaian netral dan biasanya terdapat 20-30 potongan pakaian dalam capsule wardrobe.

Hal ini tentunya akan memudahkanmu saat memilih pakaian yang akan digunakan untuk berbagai macam acara dengan style yang berbeda-beda.

“Capsule wardrobe itu isinya baju-baju yang pasti kita butuhkan tiap hari dan esensial, yang gampang di-mix and match," ujar fashion influencer Elika Boen dalam rilis Shopee 3.3 Fashion Sale yang diterima Kompas.com, Minggu (20/2/2022).

"Dan biasanya desainnya timeless agar bisa dipakai dalam jangka panjang tanpa terlihat ketinggalan zaman," tambah Elika.

Dengan memiliki capsule wardrobe, kamu pastinya bisa mempersingkat durasi saat berdandan, menghemat budget, dan membuatmu lebih kreatif dalam memadukan busana.

Cara membuat capsule wardrobe

Elika mengatakan, dengan membuat capsule wardrobe orang-orang menjadi lebih mengutamalan quality over quantity.

"Kalau buat aku, pakaian yang harus ada di capsule wardrobe adalah atasan putih, celana jeans, knitwear, dress, sepatu dan tas berwarna netral," ungkap Elika.

Pilihan pakaian itu dipilihnya sebab membuat Elika yakin dapat tampil fashionable dengan mix and match yang sesuaikan dengan style-nya.

Nah, jika tertarik untuk membuat capsule wardrobe, kamu bisa menyimak cara yang disarankan Elika berikut. Dicatat, ya!

1. Mengelola pakaian yang sudah dimiliki di lemari

Cara pertama yang disarankan Elika adalah menentukan pakaian apa saja yang kamu butuhkan dan memisahkan baju yang sudah tidak terpakai.

Selanjutnya, pilih pakaian yang sesuai dengan rencana capsule wardrobe-mu dan pilihlah pakaian yang menurutmu cocok disimpan dan digunakan.

“Dalam membuat capsule wardrobe, kamu tidak harus membutuhkan budget yang besar," saran Elika.

"Cek dulu baju-baju yang sudah kamu punya dan pisahkan baju berdasarkan kategorinya, misalnya kaos, kemeja, celana jeans, celana pendek, atau jenis baju yang kamu selalu pakai setiap hari," sambung dia.

"Pastikan untuk memilih dan mengelompokkan baju yang akan benar-benar kalian pakai."

"Kalau sudah, baru tulis pakaian apa lagi yang perlu kamu beli untuk melengkapi capsule wardrobe-mu," lanjutnya.

2. Tentukan warna netral sebagai base color koleksi pakaian

Saat memilih warna dasar, sebaiknya pastikan warna yang kamu pilih cocok untuk digunakan bersama dengan banyak warna lain.

Tujuannya agar kamu tidak bingung dan mempermudah proses mix and match pakaian.

Warna hitam dan abu-abu merupakan pilihan yang cocok sebagai base color di capsule wardrobe.

Namun, kalau kamu kurang suka menggunakan warna yang terlalu gelap, warna coklat dan putih juga bisa menjadi alternatif lain.

“Saranku kalau kamu masih pemula dalam membuat capsule wardrobe, lebih baik pilih satu warna dasar dulu aja, agar nanti saat proses mix and match lebih mudah," kata Elika.

Setelah itu, lanjut Elika, kamu boleh-boleh saja menambahkan beberapa piece pakaian agar lebih bervariasi.

"Kalau aku, pasti akan punya warna putih di setiap jenis pakaianku. Menurutku, dengan menggunakan pakaian atau aksesoris warna putih," ucap Elika.

"Menurutku, dengan menggunakan pakaian atau aksesoris warna putih di setiap outfit, akan langsung terlihat lebih bagus dan proper.”

3. Pilih pakaian dengan desain timeless dan bahan yang berkualitas

Hal yang tak kalah penting untuk kamu catat adalah memiliki koleksi pakaian yang dapat dipakai berkali-kali dengan style yang berbeda.

Kamu sebaiknya memilih pakaian dengan desain klasik yang timeless serta bahan berkualitas agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang dan tetap terlihat stylish.

"Ini penting banget untuk diperhatikan saat membuat capsule wardrobe, pilih koleksi pakaian dengan desain timeless dan berwarna netral serta bahan yang berkualitas," tutur Elika.

Apabila kamu sudah memiliki pattern, Elika meminta agar memilih pakaian yang minimalis, simpel, dan clean agar mudah saat di-mix and match.

Setelah selesai mengelompokkan pakaian, kamu bisa melihat warnanya sudah ter-blending dengan baik atau tidak antara baju yang satu dengan lainnya.

"Tidak masalah juga kalau kamu mau sediakan baju yang statement piece untuk dipakai sekali-sekali, tapi pastikan aksesoris lainnya tetap netral. Contohnya baju warna pink fanta dengan pattern yang banyak, bisa dipadukan dengan tas putih dan sepatu putih.”

4. Lengkapi dengan aksesoris

Selain pakaian, keberadaan aksesoris merupakan hal yang perlu dipertimbangkan dalam menyiapkan capsule wardrobe.

Elika merekomendasikan agar kamu mengoleksi aksesori yang simpel dan sederhana supaya lebih mudah dikombinasikan dengan semua outfit yang sudah disiapkan.

“Menurut aku, outfit yang simpel bisa terlihat semakin keren kalau menggunakan aksesori yang tepat. Makanya, saat membuat capsule wardrobe jangan sampai lupa untuk mempertimbangkan aksesori juga," kata Elika.

"Kembali ke preferensi style kalian, apakah suka dengan warna silver, gold atau warna netral lainnya namun jangan lupa untuk tetap pilih aksesoris dengan desain yang klasik dan simpel," pungkasnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/20/104603420/simak-4-cara-membuat-capsule-wardrobe-solusi-cepat-memilih-pakaian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke