Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Arti Mimpi Tentang Ular, Perubahan dalam Hidup hingga Penyembuhan

Ular merupakan salah satu simbol mimpi tertua di dunia, ketika bermimpi tentang ular sesekali mungkin hal itu adalah bunga tidur.

Tapi ketika mimpi itu datang berkali-kali, kemungkinan alam bawah sadar kita ingin menunjukkan sesuatu yang akan terjadi di dalam kehidupan nyata.

Secara umum, mimpi ular yang berulang menunjukkan bahwa ada sesuatu yang kerap kita abaikan di kehidupan nyata.

Linda Mastrangelo, seorang psikoterapis dan spesialis mimpi di Institute for Dream Studies mengatakan, ada beberapa makna yang tersirat terkait kehadiran melata yang satu ini di dalam mimpi kita.

Yang pasti, mimpi ular tidak selalu pertanda buruk dan menakutkan, ada pula pertanda baik dan biasanya itu berkaitan dengan apa yang tengah terjadi di kehidupan kita. 

Tak jarang seekor ular juga dapat memberi tahu kita bahwa ada suatu hal yang jarang kita sadari di dalam kehidupan, sehingga menginspirasi kita untuk mengambil tindakan.

Berikut lima makna mimpi tentang ular jika dilihat dari kacamata psikologis seperti dilansir Insider.

1. Pertanda ada orang toxic di sekitar kita

Sosok orang yang toxic di sekitar kita bisa saja masuk ke dalam alam bawah sadar, kemudian pikiran itu bisa berwujud ular yang hadir di dalam mimpi.

Menurut Lauri Loewenberg, seorang analis mimpi berlisensi dan anggota International Association for the Study of Dreams mengatakan bahwa perilaku orang toxic di sekitar kita bisa hadir dalam bentuk ular berbisa.

Namun jika kita kesulitan untuk mengidentifikasi di balik pesan itu, kemungkinan konteks dari mimpi ular yang dialami bisa memberikan petunjuk.

Misalnya kita bermimpi digigit ular, dan itu menjadi pertanda bahwa ada orang yang menyakiti kita di dunia nyata. 

Lalu mimpi berhadapan dengan ular, bisa jadi ada orang yang ingin menjebak atau sudah menjebak kita sehingga membuat kita terpuruk. 

Lalu melihat banyak ular di dalam mimpi, itu artinya kita sedang di kelilingi oleh orang yang toxic atau kita sedang terjebak di dalamnya.

2. Ketakutan akan sesuatu

Ular di dalam mimpi juga dapat mewakili ketakutan yang terpendam atau tanpa disadari kita selalu menampik akan ketakutan itu.

Menurut The Dream Dictionary, jenis ular tertentu yang hadir di dalam mimpi dapat memberikan petunjuk tentang ketakutan yang kita alami.

Misalnya anakonda yang mewakili ketakutan emosional atau tanpa kita sadari.

Lalu ular hitam mungkin menunjukkan suatu ketakutan pada hal-hal yang tidak kita ketahui sebelumnya.

Ular kobra mewakili akan rasa takut terhadap provokasi dari orang lain yang tidak disukai.

Ular derik menunjukkan ketakutan kecil atau sesuatu yang bisa mengganggu stabilitas ketenangan kita.

Sementara ular piton berarti ketakutan yang besar atau sangat kita hindari di dalam kehidupan nyata.

3. Pertumbuhan secara spiritual

Kehadiran ular di dalam mimpi tidak selalu bermakna negatif. Bahkan beberapa penafsir mimpi percaya bahwa ular juga menjadi pertanda baik.

Carl Jung misalnya, seorang psikoanalisis mengatakan bahwa mimpi melihat ular merupakan simbol transendensi, artinya seseorang itu sedang menempuh perjalanan atau pengalaman secara spiritual.

Hal ini merupakan pertanda baik karena apa yang sedang kita pelajari itu menunjukkan pertumbuhan yang signifikan.

Di sisi lain, kata Mastrangelo, kemungkinan ketika kita bermimpi tentang ular kita sedang tertarik pada hal-hal baru yang belum pernah kita ketahui sebelumnya.

Sehingga rasa penasaran, tetap terbuka dan terus melakukannya di dalam kehidupan nyata agar keinginan dapat terwujud.

4. Perubahan dalam hidup

Ular juga dikaitkan dengan simbol transformasi atau perubahan karena mereka adalah jenis reptil yang dapat berganti kulit.

Sehingga bermimpi tentang ular bisa jadi pertanda bahwa ada perubahan besar yang akan terjadi pada diri kita, seperti pekerjaan atau hubungan baru.

5. Tanda proses penyembuhan pada penyakit

Jika kita sedang menderita suatu penyakit, mungkin ular bisa menjadi simbol dari penyakit tersebut dan menjadi pertanda bahwa proses penyembuhan telah terjadi.

Sejak zaman kuno, ular telah diasosiasikan sebagai simbol penyembuhan dari suatu penyakit.

Menurut Loewenberg, tanda-tanda penyembuhan dapat dilihat melalui mimpi ketika kita berinteraksi dengan ular, seperti menyentuh, mengambil, membiarkan ular melata di tubuh kita hingga berbicara dengan ular.

Di sisi lain, ketika di dalam mimpi tidak ada interaksi apapun, hal itu menandakan bahwa kita masih terus berupaya untuk mengobati penyakit yang dialami.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/02/19/164418420/5-arti-mimpi-tentang-ular-perubahan-dalam-hidup-hingga-penyembuhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke