Kompas.com - 08/07/2019, 16:05 WIB

KOMPAS.com - Punggung bagian bawah memiliki peran penting dalam fungsi kinestetik tubuh manusia, termasuk saat kita berlari.

Otot-otot inti, bukan hanya otot perut tetapi juga otot yang membungkus bagian tengah tubuh, menopang tulang belakang dan punggung bagian bawah.

Selain itu, otot inti, pinggul, glute dan hamstring juga bekoordinasi membentuk stabilitas tubuh.

Jadi, salah satu saja dari otot tersebut yang melemah akan menyebabkan masalah pada otot yang lainnya.

Misalnya, saat otot pinggul melemah karena kelelahan saat berlari, atau terlalu banyak duduk, punggung bagian bawah dipaksa bekerja lebih keras agar tubuh tetap tegak dan stabil. Namun, ini membuat kita rentang terhadap cedera.

Saat nyeri punggung bawah menyerang, itu bisa membuat otot menderita. Kabar baiknya, kita bisa mengatasinya dengan memperkuat otot inti dan meregangkan otot-otot yang mendukung tulang belakang bagian bawah.

Riset 2016 yang diterbitkan dalam Jama Internal Medicine membuktikan, olahraga memainkan peran kunci dalam mencegah nyeri punggung bawah. Tapi, untuk mengatasi masalah ini dengan tepat, kita harus memahami akar penyebabnya.

Baca juga: Cara Menghindari Sakit Punggung di Kantor, Rumah dan Gym

Penyebab Nyeri Punggung bawah

Meskipun setiap kasus berbeda, ada tiga penyebab umum rasa sakit di punggung bawah. Berikut penyebabnya:

1. Nyeri otot yang datang tiba-tiba di punggung bawah sering merupakan indikasi kejang otot. Otot-otot akan terasa seolah-olah terkunci, dan rasa sakitnya bisa parah dan melemahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.