Kompas.com - Diperbarui 05/09/2022, 08:57 WIB

KOMPAS.com - Kebiasaan lama memang sulit dihentikan, namun beberapa di antaranya mungkin menjadi kebiasaan yang bikin gemuk.

Tapi, jangan berputus asa. Kita bisa sedikit demi sedikit menggantikan kebiasaan yang bikin gemuk tersebut dengan kebiasaan yang lebih sehat dan positif.

Ahli gizi klinik Kathleen Zelman, MPH, RD, LD mengatakan, hal pertama adalah mengidentifikasi mana saja kebiasaan yang bikin kita gemuk dan sebaiknya ditinggalkan.

Setelah itu, kita akan lebih mudah menguranginya. Menurutnya, lakukan sesuatu selama 21 hari dan itu bakal meningkatkan peluang menjadi kebiasaan jangka panjang.

"Ketika membawa perubahan dalam gaya hidup, lakukan secara perlahan dan konsisten," ucapnya, seperti dilansir WebMD.

Sederet kebiasaan yang bikin gemuk

Berikut sejumlah kebiasaan yang bikin gemuk dan mungkin kita lakukan sehari-hari.

Menggantinya secara perlahan dengan kebiasaan yang lebih sehat dapat membantu kita menjaga berat badan ideal di maaa mendatang:

1. Terlalu banyak konsumsi garam

Mengonsumsi makanan tinggi garam menjadi salah satu kebiasaan yang bikin gemuk karena tubuh menjadi lebih mudah kembung saat mengonsumsinya.PIXABAY/BRUNO Mengonsumsi makanan tinggi garam menjadi salah satu kebiasaan yang bikin gemuk karena tubuh menjadi lebih mudah kembung saat mengonsumsinya.
Garam tidak membuat gemuk secara langsung. Namun, apakah selama ini kita sudah cukup disiplin memerhatikan label nutrisi di kemasan makanan yang kita asup?

Melansir Eat This Not That, menurut ahli gizi teregistrasi dan pendiri Go Wellness di Orange County, California, Michelle Loy, MPH, MS, CSSD, banyak orang mengonsumsi garam 50 persen lebih banyak dari anjuran konsumsi garam per hari.

Adapun menurut Kementerian Kesehatan RI, anjuran konsumsi garam per hari adalah 1 sendok teh atau 5 gram.

Kita mungkin saja secara tidak sadar mengonsumsi garam berlebih lewat makanan olahan, camilan, hingga makanan cepat saji.

Garam tak secara langsung berdampak pada kegemukan, tapi bisa membuat kita terlihat lebih gemuk karena menyebabkan kembung.

Baca juga: 7 Tanda Tubuh Kebanyakan Makan Garam, Termasuk Gampang Haus

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.