Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanaman Hias Berukuran Kecil, Cocok untuk Ruangan Sempit

Kompas.com - 20/06/2023, 17:44 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tanaman hias adalah tambahan yang bagus untuk ruangan mana pun, baik itu sebagai dekorasi atau sekadar membantu mengurangi stres.

Namun, bagi orang-orang yang memiliki rumah dengan ruangan sempit, maka memelihara tanaman hias yang lebih kecil bisa menjadi solusi.

Selain lebih terjangkau, tanaman hias berukuran kecil juga tidak memakan banyak tempat dan biasanya lebih mudah dirawat daripada varietas tanaman yang lebih besar.

"Sebagai perbandingan, tanaman yang lebih besar akan membutuhkan repotting yang lebih sering seiring pertumbuhannya dan akan membutuhkan lebih banyak perawatan untuk tumbuh dengan baik. Harganya juga bisa lebih mahal."

Demikian penuturan Tom Knight, pemilik situs website berkebun dalam ruangan OurHousePlants.com.

"Kita tidak akan salah memilih tanaman hias kecil, terutama jika kita baru memulai dengan tanaman dalam ruangan (indoor plants)," terangnya.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Tak Butuh Banyak Sinar Matahari

Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli tanaman hias, simak beberapa rekomendasi tanaman hias berukuran kecil yang cocok untuk ruangan sempit, sebagaimana dilansir dari laman Best Life berikut ini.

1. Air plant

Jika kita ingin memulai dengan tanaman hias yang tidak memerlukan banyak perawatan, tidak ada salahnya mencoba air plant atau tanaman udara.

"Tanaman unik yang mirip alien ini sangat lucu, praktis, dan tidak memakan tempat," kata Bryan Clayton, penggemar taman dan salah satu pendiri GreenPal.

"Bahkan, kita bisa meletakkannya di mana saja, tanpa perlu menggunakan tanah," ujar dia.

Menurut Knight, yang dibutuhkan tanaman mungil ini untuk tumbuh subur hanyalah sumber cahaya, serta mandi singkat di bawah keran setiap beberapa minggu.

"Pertumbuhannya relatif lambat dan tetap ringkas dengan berbagai macam bentuk dan ukuran yang cocok untuk sebagian besar lingkungan," tambah Mo Bhula, spesialis tanaman di The Botanical Archive.

"Padukan ini dengan beberapa keramik keren dan kita akan mendapatkan tampilan hijau yang tahan lama dan mudah dirawat," saran dia.

2. African violet

African violet adalah tanaman hias lain yang tidak akan membuat kita kewalahan dalam hal ukuran atau perawatan.

"African violet adalah tanaman hias yang indah dan mungil, yang dapat berbunga selama enam bulan atau lebih setiap tahun," kata Knight.

Baca juga: Mengenal Chinese Money Plant dan Cara Menanamnya

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com