Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamar Tidur Serba Gelap ala Taylor Swift Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Kompas.com - 05/09/2023, 09:00 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Taylor Swift tak hanya bisa dijadikan inspirasi berkarya tapi juga untuk mendapatkan tidur nyenyak setiap malam.

Pelantun "Bad Blood" itu dikenal sebagai penyuka kamar tidur berwarna gelap, yang perpaduannya tergolong tidak lazim.

Dinding kamarnya berwarna abu-abu gelap, tirainya berwarna cokelat keemasan, dan tempat tidur mewah berwarna ungu-cokelat.

Terkesan murung dan suram tapi rupanya ampuh menciptakan ruangan yang memudahkan kita tidur.

Baca juga: Rahasia Perawatan Kulit dan Kecantikan ala Taylor Swift

"Penggunaan warna yang lebih gelap dan tidak menyenangkan dalam desain kamar tidur Anda dapat meningkatkan kualitas tidur Anda," ujar pakar tidur asal Inggris, Martin Seeley.

Hal ini tak lain karena dampaknya terhadap kontrol cahaya kamar tidur kita.

Inspirasi kamar tidur Taylor Swift agar tidur lebih nyenyak

"Cahaya eksternal lebih efektif dihalangi oleh perabotan yang lebih gelap. Hal ini penting untuk menciptakan kamar tidur yang lebih baik untuk tidur – terutama jika Anda tinggal di kota dengan lampu jalan atau sinar matahari pagi yang masuk ke dalam kamar Anda," urai Martin.

 

Berbagai gangguan seperti cahaya terang dapat menghambat produksi melatonin, hormon yang berpengaruh pada siklus tidur-bangun tubuh kita.

Baca juga: Ketahui Efek Samping Menggunakan Melatonin Setiap Malam

Karenanya, pilihan warna yang lebih gelap,baik lewat cat dinding, perabotan atau tempat tidur bisa menciptakan lingkungan yang ramah untuk produksi melatonin.

"Ini membuatnya lebih mudah untuk tertidur dan tetap tertidur," tandas Martin.

Berbagai warna gelap juga bermanfaat dari sisi psikologi warna karena menciptakan ruang yang bersifat terapeutik saat kita memasuki fase tidur nyenyak.

"Warna yang lebih gelap cenderung menimbulkan perasaan keintiman dan relaksasi. Mereka membantu mengurangi ketegangan dan kecemasan, dua penyebab umum gangguan tidur, dengan menciptakan suasana hangat dan mengundang," kata Martin.

Lebih jauh, ia menjelaskan, warna cokelat diasosiasikan dengan stabilitas dan keamanan.

Baca juga: Ketahui Warna Kamar Terbaik agar Tidur Lebih Berkualitas

"Seprai dan gorden berwarna coklat secara tidak sadar dapat memberi sinyal ke otak bahwa lingkungan tidur aman dan menentramkan, sehingga meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan," tambahnya.

Ilustrasi kamar tidur, tempat tidur di depan jendela.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi kamar tidur, tempat tidur di depan jendela.
Namun kamar tidur Taylor Swift yang serba gelap diberikan sentuhan elemen yang lebih lembut lewat rajutan tebal dan cermin kamar tidur besar yang memantulkan cahaya di sekitar.

Menurut Martin, cara ini juga layak ditiru.

"Penting untuk mencapai keseimbangan," jelasnya.

Baca juga: 7 Tips Terapkan Feng Shui di Kamar agar Tidur Nyenyak

"Pertimbangkan untuk menggabungkan warna yang lebih gelap dengan aksen yang lebih terang untuk menjaga lingkungan tidur yang harmonis dan menenangkan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com