Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Makanan Korea Lewat K-Food Consumer Experience Event 2023

Kompas.com - 17/09/2023, 19:42 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Popularitas k-pop dan drama Korea rupanya ikut meningkatkan keingintahuan masyarakat terhadap makanan Korea. Tak heran saat ini makin banyak restoran dengan menu Korea hadir di Indonesia.

Namun rupanya kuliner Korea terdiri dari banyak jenis sajian yang mungkin belum kita kenal. Nah, untuk memenuhi rasa ingin tahu generasi MZ (Millennials dan Gen Z) yang terus berkembang terhadap produk Korea, Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation Jakarta (aT Jakarta) mengadakan K-food Consumer Experience Event 2023.

Acara ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk mencicipi makanan dan minuman Korea, mencoba membuat Kimchi, menyaksikan pertunjukan Bibimbap Raksasa, dan masih banyak lagi.

Festival kuliner Korea yang bertema “K-Food Magic in Every Bite” ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Korea dan Indonesia yang jatuh pada tanggal 18 September mendatang.

“Di awal bulan September 2023, Presiden Korea Selatan Yoon Seokyeol mengunjungi Indonesia dan mengadakan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo. Dan minggu depan, tanggal 18 September merupakan hari peringatan hubungan diplomatik Korea dan Indonesia. Acara ini satu dari rangkaian perayaan tersebut," ucap Lee Seung Hoon, Chief Representative Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation Jakarta.

"Melalui berbagai acara kami menyiapkan festival di mana para pengunjung bisa merasakan dan menikmati budaya makanan Korea dan mengingat kembali arti dari peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik ini,” lanjut Hoon ketika diwawancarai pada Sabtu (16/9/2023) di Atrium Lotte Mall, Kuningan.

“aT Jakarta akan terus mempromosikan berbagai produk makanan Korea yang disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia, dan berpartisipasi dalam berbagai acara pameran makanan. Terutama, kami juga mendukung sertifikasi halal dan pengimporan produk halal di Indonesia agar lebih aman dikonsumsi,” tambahnya.

Ke depannya, aT Jakarta berencana untuk terus menyelenggarakan acara terkait K-FOOD yang berkelanjutan, sehingga cita rasa Korea dapat lebih menjangkau masyarakat luas.

Nah, di dalam acara ini terdapat beragam produk yang ditawarkan, beberapa diantaranya sudah diimpor dan yang lain baru akan diimpor.

Jenis produk yang ditawarkan meliputi ramyeon, tteokbokki, snack, ice cream, dan masih banyak lagi - dan seperti yang telah disebutkan, semua produk ini sudah memiliki sertifikasi halal sehingga mengakomodasi selera beragam masyarakat Indonesia.

Acara ini juga dimeriahkan oleh berbagai kegiatan menarik, termasuk sesi pembuatan Kimchi bersama Chef Na Daehoon, pembuatan Bibimbap Raksasa, sesi Noraebang (ruang karaoke) bersama Project Sorijilleo, dan K-Food Mukbang bersama influencer Emilia dan Lutfi Afiansyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com