Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Etika Turun dari Pesawat agar Tidak Mengganggu Orang Lain

Kompas.com - 18/09/2023, 18:07 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bepergian dengan alat transportasi apa pun membutuhkan etika perjalanan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan orang lain di sekitar.

Hal ini juga sama pentingnya ketika kita bepergian menggunakan transportasi udara seperti pesawat.

Banyak orang sering kali mengabaikan aturan atau etika saat hendak turun dari pesawat, yang pada akhirnya bisa menyebabkan kekacauan.

Baca juga: Aturan Membawa Kosmetik ke Kabin Pesawat, Ini Panduannya

Untuk mencegah ketidaknyamanan yang dapat mengganggu orang lain, para ahli pun membagikan etika yang tepat saat turun dari pesawat, seperti dikutip melalui The Washington Post berikut ini.

1. Mengemas barang elektronik sebelum pesawat mendarat

Etika yang baik dimulai sejak di udara. Setelah pesawat mulai turun, itulah isyarat kita untuk mengemas barang-barang yang kita gunakan selama penerbangan.

"Ketika pramugari memberikan pengumuman bahwa sudah waktunya untuk menyimpan barang-barang elektronik, itu adalah waktu yang tepat untuk mulai memasukkannya ke dalam tas," ujar Abbie Unger, mantan pramugari yang memiliki sebuah perusahaan yang membantu para calon pramugari.

Periksa saku belakang kursi, kumpulkan sampah, dan pastikan kita membawa semua barang berharga, seperti gadget atau laptop, agar tidak tertinggal.

"Pastikan kita siap untuk pergi. Hal ini juga akan membantu kita untuk tidak melupakan apa pun," kata Unger.

"Karena ketika tanda untuk melepaskan sabuk pengaman berbunyi dan semua orang berdiri berdesakan, kita akan lupa untuk melihat segala sesuatunya," terangnya.

Di samping itu, ketika sudah giliran kita untuk keluar ke lorong pesawat, kita tidak ingin menjadi orang yang masih sibuk mengemas atau mencari barang-barang bawaan.

Apalagi kita harus segera mengambil barang bawaan dari kompartemen bagasi di atas kepala dengan cepat dan langsung berjalan ke pintu keluar. Hal ini menjadi lebih mudah jika kita siap sebelumnya.

2. Tetap duduk sampai tanda kencangkan sabuk pengaman dimatikan

Semua orang pasti ingin keluar dari pesawat dengan cepat, apa pun itu alasannya.

Tetapi, jika kita berdiri saat pesawat masih dalam posisi berjalan menuju ke area parkir, maka itu justru mengganggu.

"Ini terkait masalah keamanan," kata Jennifer Johnson, seorang pramugari dari sebuah maskapai penerbangan besar dan juga CEO dan pendiri Jetsetter Chic.

"Kami harus memberitahu pilot bahwa ada penumpang yang berdiri. Lalu, FAA [Federal Aviation Administration] biasanya tidak akan mengizinkan pesawat merapat jika hal itu terjadi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com