Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Mudah Percaya Saran Keuangan di Media Sosial

Kompas.com - 04/10/2023, 07:24 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Media sosial yang populer di kalangan gen Z seperti TikTok bukan hanya menyediakan hiburan, tapi juga berbagai informasi menarik, salah satunya tips finansial.

Video dengan tanda pagar #finance telah ditonton lebih dari 17 miliar kali. Video seputar keuangan itu mencakup cara-cara mengatur uang hingga menimbun kekayaan.

Tetapi, hanya karena video-video itu populer, bukan berarti sarannya layak diikuti.

Presiden perusahaan manajemen kekayaan Croak Capital, Eric Croak, mengatakan beberapa teknik investasi tradisional memang "agak kuno" dan TikTok menawarkan cara melakukan moderninasi.

Namun hal ini bergerak terlalu cepat dan saran-saran yang diberikan influencer keuangan "tidak ada aturannya".

"Jadi ini seperti pedang bermata dua. Kita tidak tahu siapa yang harus dipercaya dan cara mengetahuinya," katanya seperti dikutip dari Insider.

Baca juga: Influencer Keuangan Wajib Lisensi, Pengamat: Penting agar Tak Hanya Bicara Pengalaman Untung Investasi

Beberapa cara menabung yang viral di TikTok saat ini mencakup "pengisian uang tunai", yaitu kita menarik uang tunai dari ATM dan memasukkannya ke dalam amplop untuk berbagai kebutuhan, seperti membayar KPR, belanja bulanan, atau makan di luar.

Ada juga metode 50-30-20, yang membagi pendapatan setelah pajak menjadi kebutuhan, keinginan, dan tabungan + utang ke dalam proporsi masing-masing.

Menurut pakar dari National Business Capital yang bergerak di bidang pinjaman modal, Brian Chevalier-Jordan, teknik-teknik tersebut umumnya solid dan dapat memberikan hasil yang nyata.

Terkenal dengan sebutan kripto, cryptocurrency adalah segala bentuk mata uang digital atau virtual yang menggunakan kriptografi untuk mengamankan transaksi.Arriva Zulfira Terkenal dengan sebutan kripto, cryptocurrency adalah segala bentuk mata uang digital atau virtual yang menggunakan kriptografi untuk mengamankan transaksi.

Metode "pengisian uang tunai" misalnya, sangat sederhana, visual, dan bisa diadopsi siapa saja. Hal ini memang menjadi rumus bagi video-video singkat di Tiktok, yaitu sederhana, jelas, dan mudah dilakukan.

“Namun, masalah besar muncul ketika orang yang mengaku pakar mempromosikan strategi keuangan yang rumit, berisiko, atau menantang untuk diterapkan,” kata Chevalier-Jordan.

Di TikTok, semua saran adalah tentang bagaimana menjadi kaya raya dengan cepat.

"Tetapi 80 persen dari saran itu salah atau tidak menunjukkan sisi negatif atau risiko yang tersembunyi," kata Croak.

Baca juga: Volume Transaksi Kripto Diklaim Turun 78 Persen, Ini Sebabnya

Ia menambahkan, TikTok pada dasarnya menyebarkan informasi ini kepada masyarakat luas, kepada orang-orang yang tidak memiliki pengalaman atau uang untuk dapat berinvestasi pada hal-hal yang berisiko tinggi.

Area yang belum punya hukum jelas, seperti cryptocurrency atau pinjaman KPR yang rumit, juga menjadi masalah karena menjanjikan imbalan besar yang seringkali sulit dicapai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com