Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aroma Bisa Bikin Orang Tidak Tertarik, Pilihlah Wewangian yang Tepat

Kompas.com - 25/05/2024, 08:18 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber NYPost

KOMPAS.com - Indra penciuman kita telah terbukti menjadi alat yang penting dalam menjalin atau terbentuknya sebuah hubungan. Seseorang bisa saja tertarik padamu karena aromamu, atau sebaliknya, yang tadinya tertarik, bisa jadi mengurungkan maksudnya karena aroma juga.

“Aroma tertentu dapat membangkitkan emosi dan kenangan, menciptakan percikan istimewa antara dua orang,” ujar Jacqui Rubinoff, salah satu pemilik dan wakil presiden Eye of Love Pheromone Perfumes. Ia menyebut indra penciuman memiliki pengaruh besar dalam hubungan cinta.

Namun, hal ini juga dapat memberikan efek bertolak belakang. “Sama seperti wewangian tertentu dapat menambah rasa ketertarikan, wewangian lain bisa jadi justru meredupkan rasa itu,” jelas Rubinoff.

Baca juga: 5 Aroma Parfum yang Membuatmu Lebih Menarik

Aroma memengaruhi banyak hal, mulai dari kesan pertama yang kita berikan hingga bagaimana orang tetap memikirkan setelah kita keluar dari ruangan, karena aroma meinggalkan pesan tentang pribadi dan energi kita.

Jika aroma kita mengingatkan pada hal-hal yang indah, wangi bunga, aroma teh, keharuman kayu-kayuan, maka kemungkinan besar orang akan tertarik dan mengasosiasikan kita pada hal-ha yang disukainya. 

Namun jika aroma kita mengingatkan pada bau pembersih lantai, ramuan obat-obatan, atau hal lain yang terlalu kuat, bisa jadi ia justru merasa mual, dan mungkin kita diasosiasikan dengan hal-hal negatif hanya gara-gara aroma.

Baca juga: 4 Aroma yang Dapat Mengurangi Depresi

Aroma tertentu memicu sistem limbik, termasuk amigdala dan hipokampus, wilayah yang berhubungan dengan emosi dan memori.

Jadi jika kita mencium sesuatu yang kita sukai, tubuh kita memproduksi hormon dan bahan kimia yang memberitahu kita untuk merasa rileks atau bahagia – dan bukankah kita semua ingin pasangan kita merasa nyaman dan bahagia berada di dekat kita?

Artinya wewangian yang kita pilih bisa menentukan apakah cinta kita bertepuk sebelah tangan atau diterima dengan tangan terbuka.

“Pilihan wewangian kita menunjukkan banyak hal tentang siapa kita dan apa yang kita cari dari seorang pasangan,” kata pelatih hubungan Katie Flowers kepada The NYPost.

“Ingatlah bahwa wewangian adalah bentuk komunikasi halus yang dapat memicu ketertarikan atau sebaliknya memadamkan api romansa.”

Memilih wewangian

Nah jika kamu merasa aromamu masih belum berhasil menarik seseorang, Flowers membagikan lima tips untuk membantu kamu memilih wewangian yang tepat

  • Pilih wewangian segar: Pilihlah wewangian dengan aroma segar atau jeruk seperti lemon, jeruk nipis, atau bergamot, yang dapat memberikan efek menyegarkan dan membangkitkan semangat. Aroma ini sering kali dianggap energik dan optimis, sehingga ideal untuk menciptakan kesan positif pada kencan.
  • Hindari wewangian yang berat dan menyengat: Wewangian dengan aroma yang kuat dan menyengat — seperti musk, nilam, atau vanila — mungkin disukai sebagian orang, namun bisa juga berlebihan atau bahkan tidak menyenangkan bagi orang lain. Memilih wewangian yang ringan dan elegan yang lembut di kulit dan meninggalkan kesan menyenangkan adalah yang terbaik.
  • Pertimbangkan pilihan pribadi: Setiap orang memiliki kesukaannya masing-masing terhadap wewangian. Silakan bicarakan dengan pasangan tentang aroma favoritnya dan cobalah memahami apa yang dia sukai. Saat memilih parfum untuk kencan, pilihlah aroma yang sesuai dengan preferensi dan kepribadian mereka.
  • Batasi jumlah wewangian: Lebih sedikit lebih baik saat memakai parfum saat berkencan. Cobalah untuk tidak berlebihan dengan jumlah wewangian yang kamu gunakan untuk menghindari menjadi terlalu menyengat atau tidak menyenangkan. Mengoleskan sedikit parfum pada titik-titik nadi, seperti pergelangan tangan, leher, atau siku, akan memberikan aroma menyenangkan yang terasa namun tidak berlebihan.
  • Percayai nalurimu: Yang terpenting, percayai nalurimu dan merasa nyaman dengan pilihan wewangianmu sendiri. Jika kamu menyukai aromanya dan mencerminkan kepribadianmu, kemungkinan besar aroma tersebut akan menarik bagi orang lain. Bersikaplah berani dan bereksperimenlah dengan wewangian berbeda setelah kamu menemukan wewangian yang membuat kamu merasa percaya diri dan memikat.

Baca juga: Aroma Parfum Ternyata Bisa Membangkitkan Memori yang Menyenangkan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com