Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kebiasaan Sehat Harian untuk Membantu Perempuan Tampil Awet Muda

Kompas.com - 27/05/2024, 09:19 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber eatthis

KOMPAS.com - Siapa yang tidak ingin tampil awet muda? Terutama bagi perempuan, menjaga penampilan agar tetap segar dan sehat seiring bertambahnya usia adalah impian yang ingin diwujudkan.

Tidak perlu mengandalkan produk mahal atau prosedur yang rumit. Lima kebiasaan sehat harian berikut ini bisa membantu Anda mencapai tampilan yang selalu segar dan awet muda.

Kebiasaan harian agar tampak awet muda

1. Lindungi kesehatan pencernaan 

Ilustrasi makanan yang sehat untuk mata.iStockphoto/gpointstudio Ilustrasi makanan yang sehat untuk mata.
Kesehatan pencernaan memiliki peran penting dalam menjaga penampilan awet muda. Mengapa? Karena pencernaan yang sehat membantu tubuh menyerap nutrisi dengan lebih baik, yang penting untuk kesehatan kulit dan rambut.

Konsumsilah makanan yang kaya serat, seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Probiotik juga dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di usus. Jangan lupa untuk minum cukup air setiap hari untuk membantu proses pencernaan.

Baca juga: 8 Cara untuk Memperlambat Usia Biologis agar Awet Muda

2. Konsumsi makanan seimbang 

Ilustrasi memilih makanan sehatshutterstock Ilustrasi memilih makanan sehat
Apa yang kita makan mencerminkan kondisi kulit dan tubuh kita. Oleh karena itu, konsumsi makanan yang seimbang sangat penting.

Fokuslah pada makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, seperti sayuran berdaun hijau, buah-buahan, ikan, dan kacang-kacangan.

Hindari makanan yang tinggi lemak jenuh dan minimalkan konsumsi makanan yang diproses. Lemak sehat seperti yang terdapat pada alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun sangat baik untuk menjaga elastisitas kulit dan kesehatan rambut.

3. Lakukan perawatan kulisecara teratur

Orang Indonesia kini lebih memerhatikan perawatan tubuh dan kecantikanUnsplash Orang Indonesia kini lebih memerhatikan perawatan tubuh dan kecantikan
Rutinitas perawatan kulit yang teratur bisa membuat perbedaan besar dalam menjaga kulit tetap awet muda. Mulailah dengan membersihkan wajah dua kali sehari menggunakan pembersih yang lembut.

Gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya dengan SPF yang cukup setiap hari, bahkan saat cuaca mendung sekalipun.

Perawatan tambahan seperti masker wajah, eksfoliasi, dan serum anti-penuaan bisa menjadi pelengkap untuk merawat kulit secara optimal.

Baca juga: 5 Rahasia Awet Muda secara Alami Tanpa Perawatan di Klinik

4. Tinggalkan kebiasaan buruk

Ilustrasi seorang wanita yang berhenti merokok. Apa pun jenis diabetes yang Anda derita, berhenti merokok membuat diabetes lebih mudah dikendalikan. Shutterstock/Gorynvd Ilustrasi seorang wanita yang berhenti merokok. Apa pun jenis diabetes yang Anda derita, berhenti merokok membuat diabetes lebih mudah dikendalikan.
Kebiasaan buruk seperti minum alkohol berlebihan dan merokok tidak hanya merusak kesehatan secara keseluruhan tetapi juga mempercepat proses penuaan.

Alkohol dan rokok bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, menjadikannya kusam dan penuh kerutan. Menghindari kedua kebiasaan ini bisa memperbaiki kondisi kulit Anda dan memberikan manfaat kesehatan jangka panjang.

5. Tambahkan latihan kekuatan dalam rutin olahraga 

Ilustrasi olahraga Hip thrust Ilustrasi olahraga Hip thrust
Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk menjaga berat badan tetapi juga penting untuk kesehatan kulit dan otot.

Latihan kekuatan, seperti angkat beban atau yoga, membantu membangun otot dan meningkatkan metabolisme. Otot yang kuat akan membuat tubuh terlihat lebih kencang dan segar.

Selain itu, olahraga secara teratur juga meningkatkan sirkulasi darah, yang membantu membawa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke kulit, membuatnya tampak lebih bercahaya.

Baca juga: 4 Rahasia Bugar dan Awet Muda Saat Usia Terus Bertambah

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com