Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukan Air Putih, Apa Minuman untuk Hidrasi Tubuh yang Lebih Baik?

Menurut sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, air putih bukanlah minuman terbaik untuk hidrasi, atau setidaknya dalam hal keseimbangan cairan tubuh dalam jangka panjang.

Tetapi, studi ini mengungkap, susu, baik itu susu skim dan susu murni, bisa lebih menghidrasi daripada air putih, bahkan ketika memperhitungkan kandungan air yang melekat pada minuman tersebut.

Sebab, hidrasi tidak hanya ditentukan oleh keseimbangan cairan tetapi juga retensi, yang berarti manfaat minuman tidak cepat hilang karena buang air kecil.

Susu juga mengandung banyak nutrisi seperti lemak, laktosa, dan natrium yang berkontribusi pada kemampuannya untuk bertahan lebih lama di dalam tubuh, sehingga memberikan lebih banyak hidrasi.

Menurut Cleveland Clinic, natrium, khususnya, adalah elektrolit tubuh yang paling umum untuk membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Sementara itu, para penulis studi dari Fakultas Kedokteran Universitas St Andrews di Skotlandia melakukan pengujian untuk mengembangkan indeks hidrasi minuman.

Hampir 90 orang berpartisipasi dalam penelitian ini dan efek menghidrasi dari susu bukanlah satu-satunya kejutan yang dicatat dalam hasil penelitian.

Namun, jus jeruk ternyata juga terbukti dapat menghidrasi tubuh dengan lebih baik dibandingkan air putih.

Pentingnya menghidrasi tubuh dengan tepat

Hidrasi yang tepat sangat penting untuk banyak fungsi tubuh.

Harvard T.H. Chan School of Public Health mengungkap, tubuh akan merasa lebih baik dan berpikir lebih baik ketika tubuh terhidrasi dengan baik.

Selain itu, hidrasi juga memainkan peran penting dalam menjaga suhu tubuh dan menyediakan nutrisi bagi sel-sel tubuh.

Karena air putih secara tradisional merupakan minuman yang direkomendasikan untuk hidrasi, ada jumlah minimum harian air putih yang perlu dikonsumsi agar tubuh tetap terhidrasi.

Untuk pria, jumlahnya adalah 3,7 liter per hari dan untuk wanita adalah 2,7 liter per hari.

Kendati demikian, air putih bukanlah satu-satunya minuman yang kita minum dan pilihan lain juga dapat berguna untuk membantu kita tetap terhidrasi.

Seperti yang ditunjukkan oleh Mayo Clinic, salah satu alasan mengapa susu dan jus jeruk sangat menghidrasi adalah karena sebagian besar terdiri dari air.

Baik susu dan jus jeruk, pada kenyataannya, memiliki kandungan air hampir 90 persen.

Namun, tidak semua minuman cukup menghidrasi meskipun memiliki kandungan air yang tinggi.

Minuman bersoda, misalnya, mungkin terlihat menghidrasi, tetapi itu bisa menyebabkan hilangnya air dari waktu ke waktu karena air dibutuhkan untuk membantu tubuh memproses gula.

Sebaliknya, kopi dan teh lebih menghidrasi, terutama jika ditambahkan sedikit susu untuk mengimbangi kualitas diuretik kafein.

Diuretik, yang mengeluarkan air dari tubuh melalui seringnya buang air kecil, sebenarnya dapat menyebabkan dehidrasi, seperti halnya alkohol.

Alasan beberapa minuman lebih menghidrasi

Untuk mengukur retensi dan efek jangka panjang dari hidrasi, penulis studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition mengamati tingkat hidrasi dua jam atau lebih setelah minuman dikonsumsi.

Baik susu (skim dan murni) dan jus jeruk terbukti lebih menghidrasi dibandingkan air, dengan pengukuran yang lebih baik hingga empat jam setelah konsumsi.

Namun, setelah memperhitungkan kandungan air, hanya susu yang lebih menghidrasi daripada air.

"Penelitian ini memberi tahu kita banyak hal yang sudah kita ketahui," kata ahli diet Melissa Majumdar kepada CNN Health.

"Elektrolit —seperti natrium dan kalium— berkontribusi pada hidrasi yang lebih baik, sementara kalori dalam minuman menyebabkan pengosongan lambung lebih lambat dan karenanya pelepasan buang air kecil lebih lambat," jelas dia.

Tentu saja, ini tidak berarti bahwa kita harus mengandalkan susu daripada air putih untuk memenuhi kebutuhan hidrasi kita.

Meskipun memiliki kualitas hidrasinya sangat baik, namun susu juga memiliki banyak kalori.

Tetapi, ini bisa menjadi cara yang bagus untuk memulihkan diri dari latihan dengan intensitas tinggi.

Jus buah juga merupakan minuman yang baik untuk hidrasi, seperti yang disarankan oleh hasil penelitian. Namun, jus yang mengandung gula tambahan tetap harus dihindari.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/06/02/140002020/bukan-air-putih-apa-minuman-untuk-hidrasi-tubuh-yang-lebih-baik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke