Kompas.com - 19/10/2018, 17:24 WIB
ilustrasi menonton film horor vchalilustrasi menonton film horor

KOMPAS.com - Selain bulu kuduk berdiri, darah juga terasa membeku saat kita menonton film horor.

Ternyata, ada alasan ilmiah di balik semua itu. Menurut riset dari Belanda, ketakutan memang dapat menyebabkan darah mengental.

Dilansir dari Reader's Diggest, riset telah diterbitkan dalam jurnal The BMJ. Dalam riset ini, peneliti merekrut 24 sukarelawan dalam kondisi sehat yang berusia 30 tahun atau berusia lebih muda.

Periset meminta 14 peserta menonton film horor berjudul "Insidious". Seminggu kemudian, mereka diminta untuk menonton film ringan atau film pendidikan berjudul "A Year in Champagne".

Sementara itu, peserta yang tersisa diminta untuk melakukan kebalikannya, yaitu menonton film ringan terlebih dahulu dan seminggu kemudian menonton film horor.

Periset menemukan peserta yang menonton film horor memiliki tingkat faktor VIII, atau protein yang berperan dalam pembekuan darah, melonjak cukup tajam.

Sebesar 57 persen perserta yang menonton film horor mengalami lonjakan faktor VIII. Sementara itu, hanya 14 persen peserta yang mengalami peningkatan protein pembeku darah saat menonton film pendidikan.

Dr. Thomas E. Eidson DO, spesialis penyakit vena dari Texas, mengatakan ada sisi baik dari pembekuan darah ini.

Pembekuan darah adalah respons tubuh terhadap cedera dan dapat memperlambat atau menghentikan pendarahan.

Secara khusus, kata Eidson, pembekuan darah adalah kombinasi dari trombosit dalam darah yang dikombinasikan dengan protein spesifik dalam darah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.