Kompas.com - 07/09/2019, 17:09 WIB
Ilustrasi anak bermain shutterstockIlustrasi anak bermain
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua orang ingin anak-anaknya sehat dan cerdas. Ketika bicara soal kecerdasan, kesehatan pencernaan mungkin luput di pikiran sebagian orangtua.

Padahal, kesehatan pencernaan juga sangat berpengaruh terhadap kecerdasan anak, lho.

Associate Professor of Pediatrics The Ohio State University of Medicine, Dr. Ryan Carvalho, MD MBA menjelaskan pentingnya fungsi probiotik sebagai bakteri baik yang ada dalam pencernaan.

Selain membantu fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, probiotik juga berperan dalam merangsang sistem daya tahan tubuh dan menghasilkan asam lemak.

Asam lemak menjadi neurotransmiter yang membuat komunikasi dengan otak berjalan dengan baik.

"Jika asam lemak banyak diproduksi, pesan yang disampaikan ke otak menjadi lebih positif."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Demikian diungkapkan Ryan dalam acara diskusi bersama Nestle Lactogrow di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (7/9/2019).

Associate Professor of Pediatrics The Ohio State University of Medicine, Dr. Ryan Carvalho, MD MBA pada acara diskusi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (7/9/2019).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Associate Professor of Pediatrics The Ohio State University of Medicine, Dr. Ryan Carvalho, MD MBA pada acara diskusi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (7/9/2019).
Pesan-pesan positif yang diterima otak akan memberi sejumlah manfaat positif lain, seperti suasana hati yang lebih baik, serta perkembangan kemampuan kognitif yang lebih baik.

Sebaliknya, jika bakteri baik kurang, pesan yang terkirim ke otak menjadi kacau. Contohnya, beberapa zat kimia yang ketika diproses oleh otak justru menyebabkan sakit perut atau kembung.

"Itu salah satu penyebabnya adalah disbiosis atau bakteri baik lebih sedikit dari bakteri patogen. Itulah mengapa penting untuk menjaga keseimbangan mikroorganisme sehat," tutur dokter dari Division Gastroentology & Nutrition Nationwide Children's Hospital, Ohio itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.