Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Penyebab Kekerasan Psikis pada Anak, Benarkah Karena Relasi Kuasa?

Kompas.com - 26/05/2022, 13:54 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nika Halida Hashina dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Hampir setiap hari kita jumpai kasus-kasus kekerasan yang dilakukan orangtua kepada anaknya. Kekerasan sendiri memiliki dua bentuk, yaitu fisik dan psikis.

Salah satu psikolog dari Lawrence Lovell mengatakan kekerasan emosional ditandai dengan kondisi ketika seseorang berperilaku atau mengutarakan kata-kata yang konsisten bertujuan merusak harga diri orang lain dan memengaruhi kesehatan mental mereka.

Sayangnya, hal ini sering terjadi pada pola pengasuhan orangtua yang buruk. Padahal, dampak perilaku ini sangat negatif untuk perkembangan anak di masa depan.

Gangguan mental yang bisa timbul di antaranya rasa malu, putus asa, merasa tidak berharga, takut, marah, bingung, cemas, hilangnya rasa kepercayaan, sulit mengendalikan emosi, dan masih banyak lagi.

Pola pengasuhan yang salah dapat disimak melalui drama audio siniar Obrolan Meja Makan “Aku Dianggap Parasit Pt. 2” yang menceritakan kekerasan emosional ayah yang hanya bangga kepada anaknya saat mereka berprestasi.

Untuk memperbaiki atau menghindari kekerasan emosional, kita perlu mengetahui tanda-tandanya.

Tanda-tanda Kekerasan Psikis Pada Anak

Sering kali, tanpa disadari orangtua menggunakan kuasanya sebagai “orang dewasa” untuk memaksa anak. Ketidakseimbangan kekuatan ini secara emosional dapat membuat anak merasa kecil, tidak didengar, bahkan tidak disayangi.

Baca juga: Ajari Anak untuk Menerima Kegagalan

Memori yang tertanam dalam diri anak mengenai masa kecilnya akan hancur. Hal ini jelas akan membuat inner child mereka mengalami trauma berkepanjangan.

Untuk menghindarinya, berikut adalah lima tanda kekerasan emosional dalam hubungan orangtua-anak menurut para ahli.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.