Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Penyebab Kekerasan Psikis pada Anak, Benarkah Karena Relasi Kuasa?

Kompas.com - 26/05/2022, 13:54 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nika Halida Hashina dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Hampir setiap hari kita jumpai kasus-kasus kekerasan yang dilakukan orangtua kepada anaknya. Kekerasan sendiri memiliki dua bentuk, yaitu fisik dan psikis.

Salah satu psikolog dari Lawrence Lovell mengatakan kekerasan emosional ditandai dengan kondisi ketika seseorang berperilaku atau mengutarakan kata-kata yang konsisten bertujuan merusak harga diri orang lain dan memengaruhi kesehatan mental mereka.

Sayangnya, hal ini sering terjadi pada pola pengasuhan orangtua yang buruk. Padahal, dampak perilaku ini sangat negatif untuk perkembangan anak di masa depan.

Gangguan mental yang bisa timbul di antaranya rasa malu, putus asa, merasa tidak berharga, takut, marah, bingung, cemas, hilangnya rasa kepercayaan, sulit mengendalikan emosi, dan masih banyak lagi.

Pola pengasuhan yang salah dapat disimak melalui drama audio siniar Obrolan Meja Makan “Aku Dianggap Parasit Pt. 2” yang menceritakan kekerasan emosional ayah yang hanya bangga kepada anaknya saat mereka berprestasi.

Untuk memperbaiki atau menghindari kekerasan emosional, kita perlu mengetahui tanda-tandanya.

Tanda-tanda Kekerasan Psikis Pada Anak

Sering kali, tanpa disadari orangtua menggunakan kuasanya sebagai “orang dewasa” untuk memaksa anak. Ketidakseimbangan kekuatan ini secara emosional dapat membuat anak merasa kecil, tidak didengar, bahkan tidak disayangi.

Baca juga: Ajari Anak untuk Menerima Kegagalan

Memori yang tertanam dalam diri anak mengenai masa kecilnya akan hancur. Hal ini jelas akan membuat inner child mereka mengalami trauma berkepanjangan.

Untuk menghindarinya, berikut adalah lima tanda kekerasan emosional dalam hubungan orangtua-anak menurut para ahli.

1. Merasa Emosi Anak Tidak Valid

Penyampaian emosi yang hanya berjalan satu arah ini sangat fatal. Terkadang orangtua merasa bahwa mereka melakukan yang terbaik untuk membentuk pribadi anak, namun mereka luput memerhatikan perasaannya.

Misalnya saja ketika orangtua mengkritik anak dengan cukup keras, ia akan mulai menangis. Akan tetapi, orangtua malah menganggapnya berlebihan. Jika berlangsung terus, anak akan sangsi dengan emosinya sendiri. Ia juga akan sulit untuk mengerti cara mengontrol emosi.

Penyepelean pendapat seperti berkata, “Ah, anak kecil tahu apa sih,” juga sebaiknya dihindari. Mungkin anak kecil belum mengenal konsep harga diri, tapi di lubuk hatinya ia merasakan itu.

Jika orangtuanya sendiri yang melakukan ini, anak akan mulai berpikir untuk menarik diri sejauh mungkin dari mereka dan menjadi lebih tertutup.

2. Orangtua Sering Merendahkan Anak

Terdapat orangtua yang secara tega menghina anak berulang kali. Padahal, pengucapan kata-kata menyakitkan akan membuat anak mempertanyakan eksistensi dirinya.

Baca juga: Ajarkan Anak Berani Meminta Tolong Kepada Orang Lain

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com