Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Waspada Kesehatan Mental akibat Perfeksionisme Berlebihan

Kompas.com - 16/08/2023, 10:24 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Rangga Septio Wardana dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Beberapa orang mengira segala hal yang sempurna dapat membawa hal yang positif dalam hidup. Namun, menuntut sesuatu yang sempurna secara berlebihan ternyata dapat berdampak buruk terhadap kesehatan mental.

Pasalnya, orang dengan kepribadian perfeksionis ingin segala sesuatu selalu berjalan dengan sempurna. Sifat ini dapat muncul karena pengalaman sebelumnya, misal takut apabila kegagalan yang sama terulang.

Padahal kesuksesan tak melulu harus sempurna. Seperti yang dijelaskan dalam siniar Obsesif bertajuk “Sukses tak Melulu Harus Sempurna” dengan tautan akses dik.si/ObsesifSukses.

Ciri-ciri Seorang Perfeksionis

Menurut Walden University, ada beberapa tanda yang menunjukkan seseorang merupakan perfeksionis.

Butuh Pengakuan

Pada umumnya, seorang perfeksionis membutuhkan pengakuan dari orang lain bahwa dirinya memang sempurna. Ketika seseorang lebih fokus dengan penilaian orang lain dibandingkan kinerja diri sendiri, bisa jadi sifat perfeksionis telah memberikan pengaruh buruk.

Sulit Menerima Kritik

Menerima kritik dan saran memang bukan merupakan hal yang mudah. Namun, setiap orang tetap memerlukan kritik yang membangun agar bisa menjadi lebih baik.

Baca juga: Kunci Sukses Kerja: Terapkan Creative Mindset dan Mindful Working

Biasanya seorang perfeksionis akan kesulitan dalam membedakan komentar jahat dan kritik membangun, sehingga mereka akan kesulitan menerima kritik.

Berusaha Sempurna dalam Segala Hal

Dalam berkarier, selalu berusaha melakukan yang terbaik merupakan sikap yang baik. Namun jika berlebihan, hal ini akan berdampak buruk untuk mental dan psikis.

Harus Menjadi yang Terbaik

Berusaha menjadi yang terbaik merupakan hal positif. Namun, seorang perfeksionis beranggapan bahwa menjadi nomor satu merupakan sebuah keharusan. Bagi mereka, menjadi nomor dua tak cukup membuktikan bahwa dirinya sudah memiliki kualitas diri yang baik.

Terlalu Kritis Terhadap Orang Lain

Meski tak suka dikritik, seorang perfeksionis justru senang mengkritik orang lain. Hal ini didasari oleh keinginannya untuk menjadi yang terbaik.

Perfeksionis Berdampak Buruk terhadap Kesehatan Mental?

Sifat perfeksionis dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik. Seorang perfeksionis percaya bahwa mereka harus menunjukkan kesempurnaan untuk mendapatkan penerimaan atau persetujuan dalam lingkungan sosial.

Hal ini dapat memicu kegelisahan, depresi, dan masalah kesehatan mental lainnya. Seorang perfeksionis akan melakukan berbagai cara agar terlihat sempurna. Mereka memegang harapan yang tak realistis dari diri mereka sendiri.

Ketika kenyataan tak sesuai dengan apa yang diharapkan, mereka dapat menghukum diri mereka sendiri.

Cara Mengatasi Perfeksionis yang Berdampak Buruk

Sebenarnya menjadi perfeksionis bisa menjadi nilai tambah untuk diri sendiri selama tak berlebihan. Namun, tak jarang sifat perfeksionis justru menimbulkan dampak negatif.

Baca juga: 6 Manfaat Me Time untuk Kesehatan Mental

Maka dari itu, ketika perfeksionisme sudah memberikan pengaruh buruk, seseorang harus segera mengatasinya dengan cara-cara di bawah ini.

  1. Buat target yang realistis.
  2. Ubah pola pikir bahwa kesuksesan tak harus selalu sempurna.
  3. Fokus terhadap proses, tak hanya hasil akhir.
  4. Setiap kali merasa cemas dan depresi, tanyakan ke diri sendiri mengenai target yang telah ditentukan.
  5. Jangan takut gagal.
  6. Meyakini diri sendiri untuk mendapatkan pelajaran dari kesalahan yang terjadi.

Lantas, bagaimana cara meraih sukses tanpa sifat perfeksionisme?

Dengarkan informasi lengkapnya dalam siniar Obsesif episode “Sukses tak Melulu Harus Sempurna” hanya di Spotify. Di sana, ada pula beragam informasi menarik seputar dunia kerja untuk job seeker dan fresh graduate.

Dengarkan pula episode lainnya yang tak kalah menarik dan menginspirasi dalam siniar Obsesif di Spotify, Noice, dan juga TipTip (khusus konten LED Talk) melalui tautan berikut tiptip.co/p/ObsesifLEDTalk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com