Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Salad Telur yang Enak dan Mengenyangkan

Kompas.com - 06/09/2023, 16:10 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Baca juga: 7 Resep Mudah dan Cepat Bikin Salad Dressing yang Menyehatkan

KOMPAS.com - Salad telur adalah menu makanan sehat dan serbaguna yang bisa dinikmati kapan pun, baik hanya sebagai salad atau dengan tambahan roti.

Terlebih, salad telur juga dikemas dengan protein yang dapat membuat kita merasa kenyang sehingga mencegah kita makan secara berlebihan.

Hidangan ini benar-benar bebas daging, dan dapat diubah dengan berbagai cara untuk menjaga agar rasanya tetap enak, segar, dan menarik.

Karena telur adalah bintangnya, maka kita harus memilih telur yang berkualitas tinggi.

"Telur ayam organik sangat ideal untuk salad. Kecil atau besar, ukuran tidak jadi masalah," kata Arielle Nir Mamiye, direktur kuliner di Jewish Food Society kepada Real Simple.

Ia pun menganjurkan waktu perebusan telur selama delapan menit agar kuning telurnya mengeras, namun masih sedikit kental untuk menghasilkan salad telur yang lezat.

"Rasio mayones (atau lebih baik lagi, aioli) yang sedikit lebih banyak dari telur juga bisa memberikan cita rasa terbaik," terangnya.

Baca juga: Cara Mudah Memisahkan Kuning dan Putih Telur

Cara membuat salad telur

Untuk membuat salad telur, simak langkah-langkah mudah berikut:

1. Mulailah dengan mendidihkan sepanci besar air dan siapkan mangkuk berisi air es. Setelah air di dalam panci mendidih, tambahkan 4 butir telur ke dalam air dan atur waktu selama 8 menit. Jika ingin kuning telur yang lebih keras, masak selama 9-10 menit.

2. Setelah matang, angkat telur dari panci dan masukkan ke dalam rendaman es untuk menghentikan proses memasak. Angkat telur setelah beberapa menit dingin, dan kupas. Buang air dari mangkuk dan keringkan.

3. Cincang kasar telur dan kembalikan ke dalam mangkuk. Sebagai alternatif, kita dapat memotong telur menjadi dua, ambil kuning telurnya dan taruh dalam mangkuk kecil. Potong putih telur dan tambahkan ke dalam mangkuk.

4. Lalu, tambahkan ¼ cangkir mayones, 1 sendok teh Dijon mustard, serta garam dan merica secukupnya ke dalam mangkuk. Aduk perlahan dengan telur.

Jika kita memisahkan kuning telur, tambahkan mayones dan mustard ke dalam mangkuk tersebut, aduk hingga tercampur, lalu tambahkan ke dalam putih telur yang sudah dipotong.

Yoghurt tawar juga dapat digunakan sebagai pengganti mayones, untuk sentuhan yang lebih ringan.

5. Masukkan elemen renyah apa pun yang kita inginkan, seperti sayuran hijau, bawang bombay, dan tomat. Sekarang salad telur siap disajikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com