Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melembutkan hingga Menyuburkan, Ada 5 Manfaat Pakai Minyak Rambut

Kompas.com - 20/11/2023, 18:52 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Prevention

KOMPAS.com - Mengoleskan minyak pada helai rambut ternyata dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah kerusakan rambut.

Menurut para ahli, ini adalah tambahan yang bagus untuk rutinitas perawatan rambut, apa pun jenis atau tekstur rambut kita.

"Minyak rambut memiliki banyak manfaat untuk rambut dan kulit kepala," kata seorang penata rambut dan pemilik Mahogany Grace Salon, Mahogany Grace.

"Menggunakan minyak dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat panas, meningkatkan kekuatan, menjaganya tetap terhidrasi, melawan rambut kusut, mendorong pertumbuhan, dan dapat bertindak sebagai pelindung alami dari sinar UV," kata dia.

Namun, dokter spesialis kulit di Loma Linda University's Faculty Medical Group, AS, dr Janiene Luke, MD mengatakan, mereka yang memiliki ketombe atau dermatitis seboroik mungkin perlu menghindari penggunaan minyak pada kulit kepala.

Baca juga: Jangan Gunakan Minyak Rambut untuk Singkirkan Ketombe, Kenapa?

Sebab, minyak tertentu dapat mendorong ragi untuk berkembang biak.

Sedangkan, bagi mereka yang memiliki rambut halus, menggunakan minyak yang lebih ringan dan mencucinya segera setelah pemakaian dapat membantu.

"Karena mereka yang memiliki rambut halus mungkin merasa bahwa minyak rambut terlalu membebani rambut mereka, atau mungkin tidak menyukai rambut mereka terasa berminyak," kata dr Janiene.

Manfaat pakai minyak rambut

Terlepas dari jenis rambut maupun kulit kepala kita, para ahli pun membagikan beberapa manfaat menggunakan minyak rambut sebagai berikut.

1. Membuat rambut lebih lembut dan berkilau

Menurut dr Janiene, minyak rambut dapat membantu mengurangi rambut kusut dan menambah kilau.

"Banyak minyak rambut yang melapisi helai rambut dan menyegel kutikula, sehingga ini membantu mengunci kelembapan," ujar dia.

Hal ini juga sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki rambut keriting alami, yang cenderung memiliki rambut yang lebih kering jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki rambut lurus.

2. Meningkatkan kesehatan kulit kepala

Minyak tertentu yang dibuat untuk kulit kepala bisa sangat menutrisi, mengurangi kekeringan, rasa gatal, dan bersisik.

"Minyak-minyak ini memberikan nutrisi pada kulit kepala dan folikel rambut, yang menstimulasi pertumbuhan rambut serta meningkatkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan," ujar Mahogany.

3. Dapat meningkatkan pertumbuhan rambut

"Jika menggunakan minyak alami, vitamin, dan mineral esensial yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut," kata Michelle Cleveland, pemilik Hair Addict Salon.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com