Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penyebab Munculnya Double Chin, Tak Cuma Genetik

Kompas.com - 10/01/2024, 21:04 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Ada sejumlah penyebab double chin alias penumpukan lemak di bawah dagu yang perlu diketahui, sehingga kita bisa mencari tahu solusi untuk melenyapkannya.

Adanya penumpukan lemak di bawah dagu menyebabkan kemunculan lapisan ekstra kulit dan lemak di area antara leher dan dagu, sehingga menyebabkan seseorang terlihat memiliki dua lapis dagu.

Baca juga: 5 Trik Make Up untuk Hilangkan Double Chin, Sudah Tahu?

Adapun double chin bisa menyebabkan penurunan kepercayaan diri bagi sebagian orang.

Tapi, tak perlu khawatir, karena double chin masih mungkin dihilangkan. Namun, kita perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab double chin

Salah satu penyebab terbentuknya double chin adalah karena faktor genetik.

"Memang ada faktor genetik memainkan peran terbentuknya double chin," kata Dokter Estetika dari Beautiff Aesthetic Clinic, dr Tiffany Saqfilia Prameswari, seperti dikutip dari Tribun Health, Rabu (10/1/2024).

Selain faktor genetik, ada beberapa penyebab double chin lainnya, yakni:

  • Kelebihan berat badan. Hal ini menyebabkan akumulasi lemak ekstra di area wajah dan leher, sehingga terbentuk double chin. Untuk faktor ini, cara menghilangkan double chin adalah dengan melakukan upaya penurunan berat badan.
  • Faktor penuaan (aging). Penuaan menyebabkan elastisitas kulit berkurang dan otot di sekitar leher melemah. Hal ini menyebabkan munculnya double chin.
  • Kurang otot dan aktivitas fisik. Faktor ini menyebabkan area dagu dan leher melemah, sehingga terbentuklah lapisan kulit di bawah dagu.
  • Gaya hidup. Beberapa kebiasaan atau gaya hidup sehari-hari juga memengaruhi pembentukan double chin. Misalnyam postur tubuh yang buruk dan kebiasaan merokok.

"Ada pula karena faktor postur tubuh yang buruk, kemudian kebiasaan merokok, dan tekanan di daerah kulit area dagu, leher," ucap dia.

Baca juga: Cara Menghilangkan Lemak Pinggul Lewat Latihan Mudah dan Efektif

Cara menghilangkan double chin

Adapun double chin bisa saja dihilangkan, tetapi hal ini mungkin terjadi jika kondisi tersebut dialami sebagai dampak dari kenaikan berat badan.

Sementara jika dialami secara genetik, double chin akan lebih sulit untuk dihilangkan, seperti dikutip dari Healthline.

Sementara jika penyebabnya adalah kulit yang mengendur, kita mungkin memerlukan prosedur bedah untuk menghilangkannya.

Baca juga: 5 Alasan Jalan Kaki Jadi Aktivitas Ideal untuk Membakar Lemak

Sebab, menurunkan berat badan saja tidak menjamin double chin akan hilang, meskipun memang meningkatkan peluangnya.

Secara singkat, untuk menghilangkan double chin yang bukan disebabkan oleh faktor genetik, kita bisa melakukan upaya-upaya seperti menurunkan berat badan, latihan kardio, dan latihan gerakan dagu sebelum memutuskan untuk melakukan prosedur invasif.

Jika ingin lebih aman dan efektif, bicaralah dengan dokter untuk menyesuaikannya dengan target kesehatan kita. Begitupun jika berpikir untuk melakukan prosedur invasif, sebaiknya terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com