Kompas.com - 05/07/2021, 07:07 WIB

4. Jangan cek ponsel segera setelah bangun pagi

Jika kita mengisi daya ponsel semalaman atau menggunakannya sebagai alarm, melihat ponsel akan cenderung menjadi aktivitas pertama yang kita lakukan saat bangun pagi.

Hindari hal itu. Sebab, kita akan dengan mudah membuang waktu kita melihat-lihat media sosial, internet, atau hal lainnya di ponsel kita selama beberapa menit atau lebih lama lagi.

Menurut psikolog klinis dari Wellspace SF, Gina Delucca, kebiasaan buruk melihat ponsel saat bangun pagi akan membuat seseorang langsung berada pada "mode kerja" sehingga lebih mudah cemas tentang hari yang akan mereka hadapi, bahkan sebelum bangun dari tempat tidur.

Sama halnya dengan orang-orang yang membuka media sosial atau membaca berita ketika membuka mata. Semua kebiasaan itu dapat memicu kecemasan, apalagi jika kita membaca sesuatu yang negatif atau mengerikan.

Untuk menghindarinya, letakkan ponsel di tempat yang jauh dari tempat tidur atau jauh dari jangkauan kita. Kita juga bisa menggunakan jam meja sebagai alarm dan meletakan ponsel di luar kamar tidur.

Bukan berarti kita harus menghindari ponsel sama sekali di pagi hari. Ini hanya tidak realistis bagi sebagian dari kita.

"Saya sangat merekomendasikan memberi diri kita waktu sejenak untuk mendapatkan kedamaian dan ketenangan di pagi hari sebelum memulai aktivitas," ucap Delucca.



Video Pilihan

Sumber HuffPost
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.