Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mikrobioma dalam Skincare Bantu Pulihkan Kulit dari Peradangan

Kompas.com - 09/08/2023, 16:04 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mikrobioma kulit, atau yang juga dikenal sebagai flora kulit, merupakan rumah triliunan mikroorganisme seperti bakteri, virus, maupun jamur.

Pada kulit yang sehat bahkan ada 1000 jenis bakteri berbeda yang dapat menyeimbangkan kembali mikrobioma kulit.

Hal ini dapat mengurangi peradangan pada kulit dan meningkatkan serta mempercepat penyembuhan luka dengan lebih baik.

Dokter spesialis kulit, Dr Fitria Agustina, SpKK, FINSDV, FAADV, menjelaskan, kulit adalah garda utama pelindung paling luar tubuh terhadap berbagai macam jenis infeksi maupun jenis hazard lainnya.

Maka, kulit harus memiliki skin barrier yang kuat agar tidak mudah terjadi iritasi.

"Saat kulit mengalami iritasi atau luka, proses penyembuhannya dapat melambat yang disebabkan antara lain karena mikrobioma kulit yang tidak seimbang," katanya dalam acara Jakarta X Beauty 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (5/8/2023) lalu.

Baca juga: Penting, Jaga Keseimbangan Mikrobioma pada Kulit Wajah

"Ini juga menyebabkan fase peradangan menjadi lebih panjang, proses re-epitalisasi dan penyembuhan luka menjadi terganggu, serta terjadinya peningkatan potensi risiko terjadi bekas luka (scars) pada kulit," terangnya.

Merek perawatan kulit La Roche-Posay berinovasi dengan menghadirkan skincare terbaru, yakni New Cicaplast Baume B5+La Roche-Posay Merek perawatan kulit La Roche-Posay berinovasi dengan menghadirkan skincare terbaru, yakni New Cicaplast Baume B5+
Sebaliknya, menurut Fitria, ketika mikrobioma kulit seimbang, itu akan mendukung immunological barrier alias pelindung imunologi yang membantu mengendalikan fase peradangan pada kulit, mempercepat proses re-epitelisasi sehingga penyembuhan luka lebih baik dan cepat.

"Oleh karena itu, mikrobioma kulit yang seimbang merupakan faktor penting yang berperan dalam proses penyembuhan dan perbaikan kulit," tambah dia.

Skincare yang mengandung mikrobioma
Untuk membantu memulihkan dan memperbaiki kulit yang meradang atau mengalami kerusakan, merek perawatan kulit La Roche-Posay berinovasi dengan menghadirkan skincare terbaru, yakni New Cicaplast Baume B5+.

New Cicaplast Baume B5+ adalah ultra-repairing soothing balm atau krim yang
memberikan efikasi pada 14 indikasi masalah kulit seperti kemerahan, iritasi ringan, kulit sangat kering, bekas jerawat hingga paska laser.

Baca juga: Mengenal Ceramide, Pelembap yang Baik untuk Kulit

Kini hadir dengan terobosan inovasi dalam microbiome science yaitu new exclusive tribioma yang menyeimbangkan mikrobioma kulit untuk membantu memperbaiki skin barrier dengan lebih baik sejak hari pertama pemakaian.

Dalam formulasi produk, terdapat Panthenol (Vitamin B5) yang berfungsi menyejukkan kulit yang teriritasi ringan dan kemerahan sehingga memberikan rasa nyaman pada area kulit kering.

Kamudian ada juga Madecassoside, (ekstrak dari tanaman Centella Asiatica) berfungsi
untuk merawat dan mempertahankan skin barrier secara optimal dan sebagai anti-bakteri.

Inovasi produk ini dapat digunakan oleh seluruh keluarga, dari bayi, anak hingga dewasa untuk kulit yang teriritasi ringan.

"Menjadi komitmen kami untuk menghadirkan perawatan kulit dermatologi yang dapat
membantu mengubah kehidupan seseorang," kata Nestya Sedayu selaku Head of Marketing L’Oréal Dermatological Beauty Indonesia.

Baca juga: 5 Cara Mudah Perbaiki Skin Barrier Wajah yang Rusak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com