Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/08/2023, 12:08 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Suara-suara alam dengan kata kunci "green noise"sedang banyak dicari di mesin pencarian Youtube atau pun TikTok.

Tanpa musik atau lirik, suara yang diperdengarkan hanya dengungan lembut yang dianggap sebagai suara bising alam (green noise). Suara ini dipercaya bisa menurunkan stres, membantu kita rileks, dan tidur nyenyak.

Meningkatnya jumlah video "suara bising hijau" menunjukkan keinginan kolektif kita untuk menghilangkan distraksi manusia dan menikmati musik alam.

Secara umum "green noise" adalah suara buatan yang memiliki frekuensi yang mengingatkan sebagian orang akan apa yang mereka dengar di alam.

Di alam, frekuensi yang lebih tinggi lebih jarang terjadi dibandingkan frekuensi yang lebih rendah.

"Kebisingan hijau meniru distribusi suara alami ini. Kebisingan yang berada di antara derau putih (yang memiliki distribusi frekuensi tinggi dan rendah yang merata) dan derau coklat (yang sangat berbobot pada frekuensi rendah)," kata peneliti akustik Dnaiel Bowling Ph.D.

Baca juga: Mengapa Suara Hujan Menenangkan?

Suara bising hijau cenderung terdengar relatif dalam dengan kebisingan statis atau nada tinggi yang minimal.

Para penikmat suara bising hijau ini menyebutkan mereka menjadi lebih tenang dan rileks setelah mendengar suara-suara tersebut.

Kita bisa mendengarkan suara alam ini pada saat bekerja di lingkungan yang ramai atau di kamar menjelang tidur.

Beberapa studi menunjukkan manfaat dari rutin mendengarkan suara bising hijau ini:

1. Melatih fokus
Penelitian terhadap 71 mahasiswa menunjukkan, mereka yang rutin mendengar suara alam dari ponselnya memiliki performa kognitif lebih baik. Secara umum kemampuan belajar mereka membaik.

2. Cepat menurunkan stres
Suara alam diketahui berpengaruh pada respon stres. Setelah beberapa waktu mendengar suara ini diketahui detak jantung akan menurun.

3. Membantu tidur nyenyak
Suara yang mengganggu seperti deru kendaraan di jalan raya atau suara dari gawai termasuk dalam pengganggu tidur. Mendengarkan suara dengan nada tinggi seperti green noise dapat membantu otak masuk dalam gelombang lambat sehingga tidur lebih nyenyak.

Baca juga: Musik Bisa Jadi Alat Pereda Stres yang Efektif, Ini 6 Alasannya

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com