Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampil di JFW 2024, Lozyhijab Kukuhkan Eksistensi di Dunia Mode Muslim Indonesia

Kompas.com - 02/11/2023, 17:25 WIB
Anissa DW,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Jenama fesyen muslim lokal, Lozyhijab, mengukuhkan eksistensinya di dunia mode Tanah Air dengan tampil pada ajang Jakarta Fashion Week (JFW) 2024 yang digelar di City Hall, Pondok Indah Mall 3, Jakarta, Senin (23/10/2023) hingga Minggu (29/10/2023).

Pada ajang tersebut, Lozyhijab berkesempatan menampilkan koleksi terbaru yang mengusung tema “Avenue of Escape”. Tema ini mencerminkan semangat kreativitas dan kebebasan dalam berbusana yang menjadi ciri khas Lozyhijab.

Desainer di balik koleksi terbaru Lozyhijab, Andesni Hirda, mengatakan bahwa kehadiran Lozyhijab di JFW 2024 merupakan momen bersejarah sekaligus bukti komitmen brand untuk selalu menjadi bagian dari perubahan positif dalam industri mode muslim di Indonesia.

"Kami berkomitmen untuk terus menciptakan koleksi yang inspiratif dan relevan dengan tren masa kini, sambil tetap mempertahankan nilai-nilai keberagaman dan modesty yang menjadi ciri khas fashion muslim," ujarnya dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Kamis (2/11/2023).

Andesni menjelaskan, melalui tema tersebut, pihaknya ingin menghadirkan koleksi fesyen dengan kesan casual look yang nyaman dan santai. Akan tetapi, tetap mempertahankan aksen unik dengan sentuhan unfinished.

"Kami memandang bahwa fashion muslim juga harus tetap berinovasi. Pada JFW 2024, kami berusaha menunjukkan bahwa identitas Lozyhijab tidak hanya statis, tetapi selalu berkembang,” katanya.

Desainer Lozyhijab Andesni Hirda (tengah), bersama para muse Lozyhijab di ajang JFW 2024. 
dok. Lozyhijab Desainer Lozyhijab Andesni Hirda (tengah), bersama para muse Lozyhijab di ajang JFW 2024.

Lebih lanjut, Andesni mengatakan, pihaknya meyakini bahwa jenama yang didirikan pada 2015 itu merupakan merek yang memahami keinginan anak muda untuk tampil stylish dan ekspresif dalam busana muslim.

Untuk diketahui, salah satu muse yang menjadi “wajah” Lozyhijab adalah penyanyi Nabila Taqiyyah. Nabila dipilih karena citranya yang melekat dengan pasar anak muda. Selain itu, ada pula selebritas Melody Laksani, Dara Arafah, Mega Iskanti, dan Caca Tengker.

Lewati seleksi ketat

Keikutsertaan Lozyhijab pada ajang JFW 2024 merupakan capaian yang membanggakan. Sebab, untuk bisa tampil di ajang ternama itu, sebuah jenama harus mengikuti proses kurasi yang ketat dan cermat.

Creative Director JFW 2024 Andandika Surasetja menjelaskan, pihaknya melakukan proses kurasi yang cermat dalam pemilihan desainer dan jenama untuk tampil di panggung JFW 2024.

Selain menilai karakteristik desainer, kurasi juga dilakukan untuk menilai praktik ethical fashion dan sustainability dalam penggarapan busana.

Andandika menjelaskan bahwa dari 300 perancang mode dari seluruh Indonesia yang mendaftar ke ajang JFW 2024, hanya 20 desainer yang lolos ke tahap penyaringan awal.

“(Setelah itu), dipilih lagi 10 finalis untuk menampilkan karyanya di runway JFW 2024," ujar Andandika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com