Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/11/2023, 19:59 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber realsimple

KOMPAS.com - Negatif self talk seringkali dapat menjadi penghalang besar dalam mengembangkan rasa percaya diri dan kesejahteraan mental yang sehat.

Menurut terapis berbasis di Los Angeles, Natalie Moore, negatif self talk adalah kecenderungan seseorang untuk terus-menerus memikirkan hal-hal negatif tentang diri sendiri. Ini sering kali berupa kritik internal atau dialog dalam diri yang memberikan penilaian merugikan.

Sebagai contoh, jika kamu membuat kesalahan saat presentasi, negatif self talk mungkin mengatakan kamu telah gagal total. Sebaliknya, positif self talk atau netral akan menenangkan kamu, mengingatkan bahwa semua orang melakukan kesalahan.

Pola negatif self talk sering kali berasal dari pengalaman masa kecil atau lingkungan yang memperkuat persepsi negatif tentang kemampuan dan nilai diri.

Selain itu, manusia cenderung memperhatikan dan mengingat pengalaman negatif lebih kuat, sehingga otak kita cenderung merespons dengan self talk yang merugikan, meskipun bertujuan untuk melindungi diri.

Namun, membiarkan negatif self talk berlanjut tanpa penanganan dapat berdampak buruk pada kesehatan mental, seperti depresi, kecemasan, dan rendah diri.

Siklus ini juga dapat menghambat kemampuan kita untuk mengambil langkah positif menuju tujuan kita, menahan diri dari tantangan yang sebenarnya dapat kita taklukkan.

Baca juga: Sering Berpikiran Negatif, Picu Penyakit Alzheimer?

Strategi menghentikan negatif self talk

Seimbangkan dengan pemikiran positif atau netral

Cara terbaik melawan negatif self talk ini dengan pernyataan positif atau netral tentang diri kamu.

Ketika kamu sadar telah berpikiran yang merendahkan diri sendiri, coba catat satu atau dua hal positif yang telah kamu lakukan sepanjang hari. Ini dapat membantu menyeimbangkan pemikiran negatif.

Cobalah berbelas kasih kepada diri sendiri

Sadari bahwa hari yang buruk tidak menentukan nasib kamu secara keseluruhan. Luangkan waktu sejenak untuk meredakan tekanan dengan memberikan dukungan pada diri sendiri.

Coba letakkan satu tangan di perut dan satu tangan di dada kamu dan katakan, “Ini adalah saat yang sulit. Aku ada di sini untuk kamu. Semua akan baik-baik saja."

Baca juga: Catat, Inilah 9 Cara Menghentikan Negatif Self Talk

Akui kritik tersebut dan balas dengan kebaikan

Meskipun terdengar bertentangan, mencoba berbicara dengan kebaikan kepada si pengkritik dalam diri dapat membantu membatasi pengaruh pikiran negatif.

"Ketika Anda mendengar suara kritis, cobalah berbicara dengan kebaikan," kata Moore.

Kamu bisa mengatakan dengan lantang atau dalam hati, 'Hei, kritikus batin. Aku tahu kamu ada di sini untuk membantu. Aku sangat menyadari kesalahan yang aku buat, dan aku sudah mengambil tindakan untuk memperbaikinya. Terima kasih atas masukan kamu."

Kamu juga bisa mengungkapkan rasa terima kasih untuk itu, dengan mengatakan, "Terima kasih telah mencoba melindungi aku. Aku tahu niat kamu baik, tetapi ini tidak lagi bermanfaat bagi aku, dan aku akan melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda kali ini. Aku bisa menerimanya dari sini."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com