Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2023, 11:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak semua stres buruk. Di satu sisi, respons stres akut membantu kita mengumpulkan sumber daya yang diperlukan untuk menghadapi tantangan secara langsung dan menyelesaikan masalah.

Menurut ahli saraf dan kesehatan sekaligus CEO Mastermind Meditate, Dorsey Standish, MS, jenis stres yang sehat ini disebut 'eustress', yang menghindarkan kita dari kebosanan dan memotivasi kita untuk berprestasi.

Namun, tidak dapat dipungkiri jika banyak dari kita juga pernah mengalami stres yang tidak sehat, atau yang bersifat kronis dan terus-menerus, sehingga menyebabkan kelelahan, kejenuhan, dan rasa kewalahan.

"Stres kronis merusak sistem-sistem utama dalam tubuh, dan dapat menyebabkan kondisi kesehatan kronis yang serius, masalah kesehatan mental, dan berdampak negatif pada umur panjang," kata Dorsey.

Baca juga: Simak, Berbagai Cara Meredakan Stres dalam 5 Menit

Jadi, dalam hal mengatasi stres jenis ini secara efektif, ada beberapa cara terbaik untuk meredakannya secara singkat.

"Bagian penting dari manajemen stres dan rencana ketahanan mental adalah memanfaatkan kekuatan stres positif untuk mencapai tujuan serta mengurangi dampak stresor negatif kronis," kata dia.

Lebih lanjut, Dorsey pun membagikan kiat-kiat meredakan stres hanya dalam waktu lima menit atau kurang, sebagaimana dilansir dari laman Eat This Not That berikut ini.

1. Lakukan pernapasan dalam

Menyelaraskan napas kita melalui beberapa latihan pernapasan yang dalam dapat memberikan keajaiban ketika kita sedang merasa stres.

"Bahkan satu tarikan napas dalam yang disengaja dapat mengurangi tingkat stres dengan menenangkan sistem saraf simpatik 'fight or flight', dan merangsang sistem saraf parasimpatis 'rest and digest'," ungkap Dorsey.

"Bentuk pernapasan dalam yang paling efektif disebut nervous system high, di mana kita menarik napas dua kali melalui hidung dan mengembuskannya sepenuhnya melalui mulut," ungkap dia.

Baca juga: 5 Cara Meredakan Stres Saat Menghadapi Masalah Berat

2. Mengenali stres yang sedang dirasakan 

Ketika kita merasa stres yang tidak sehat mulai menumpuk, penting untuk mengenali apa yang ada saat ini. Hal itu termasuk kecemasan dan stres.

"Berlatihlah untuk menyebut 'ini adalah stres,' atau bahkan menyapanya, yang akan melibatkan area otak rasional kita untuk mengelolanya dengan lebih baik," ungkap Dorsey.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com