Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2024, 18:37 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Bangun pagi tanpa merasa terburu-buru dan bisa menikmati rumah yang rapi dan bersih adalah dambaan setiap orang. Untuk mendapatkannya, kita harus pandai mengatur hidup sehingga semuanya berjalan lancar.

Sayangnya, menjadi orang yang teratur tidaklah mudah. Selalu ada saja godaan untuk bermalas-malasan dan menunda pekerjaan. Namun bukan berarti itu tidak mungkin kan?

Kita sebenarnya bisa mengambil beberapa langkah sederhana untuk mulai hidup lebih teratur. Perubahan kecil ini bahkan dapat memberi dampak besar pada hidup kita. Berikut lima hal yang dapat kita lakukan setiap hari agar menjadi sedikit lebih terorganisir.

Baca juga: 5 Langkah Menjadi Orang yang Lebih Teratur, Yuk Coba...

Bangun pagi

Meskipun bangun lebih awal mungkin terdengar kurang nyaman, tetapi kebiasaan ini bisa menjadi pembeda dalam melewati hari.

“Kami tahu bahwa tidur sangat penting agar tubuh berfungsi dengan baik setiap hari. Tapi bangun 20 menit lebih awal bisa memberikan diri waktu untuk menyelesaikan beberapa hal kecil di sekitar kita," ujar Shantae Duckworth, pendiri Shantaeize Your Space.

Dengan mlakukan beberapa hal kecil seperti merapikan tempat tidur, meditasi, atau berolah raga sejenak, kita akan merasa memiliki kendali atas hidup dan rumah kita. 

"Cobalah bangun lebih awal selama seminggu dan lihat seberapa terorganisir kamu jadinya," saran Duckworth.

Cuci pakaian tiap hari

Apakah kamu terus-menerus mencari kaus kaki bersih, pakaian dalam yang siap dipakai, dan lainnya? Bisa jadi barang-barang itu berada di tumpukan pakaian kotor yang menggunung? Untuk mengatasinya, cucilah pakaian setipa hari!

“Jika kamu memiliki keluarga besar, mencuci pakaian setiap hari dan memastikan pakaian disimpan di tempatnya juga membuat keluargamu merasa lebih terorganisir,” kata Duckworth.

Mencuci setiap hari akan menghindarkan kita dari kerepotan mencari baju bersih sekaligus membuat kita bisa lebih menikmati waktu istirahat di akhir pekan karena tidak dibebani banyak cucian.

Bagaimana bila harus bekerja? Salah satu cara mudah untuk melakukan rutinitas ini adalah dengan memasukkan cucian di pagi hari dan melipat atau menyetrikanya di malam hari sepulang kerja. 

Kita juga bisa membagi pekerjaan sehingga masing-masing anggota keluarga memiliki tugas yang harus diselesaikan tiap hari.

Baca juga: 7 Keuntungan Hidup Disiplin dan Teratur

Mulai hari esok malam ini

Lindsey Mahanna, pendiri Clutter to Clarity, menyarankan untuk mulai mempersiapkan hari esok pada malam sebelumnya. Pendekatan ini dapat membantu kita saat memulai pekerjaan. 

“Setiap malam, periksa kembali jadwalmu, apakah yang harus dilakukan esok hari. Apakah kamu perlu menyetel alarm atau pengingat di ponsel, apakah perlu mempersiapkan pakaian tertentu, menyiapkan bahan memasak, dan lainnya,” katanya.

Bahkan jika kamu hidup sendiri, melakukan sesuatu yang sederhana seperti mencuci piring setiap malam atau menyiapkan bekal untuk keesokan harinya dapat menjadi perubahan besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com